Fajriah, Hanum Nur (2019) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika melalui percobaan gerak harmonis sederhana berbasis Sensor Accelerometer pada Smartphone Android : Penelitian Pre-eksperimental di kelas X IPA 1 SMAN 1 Cilimus Kuningan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (558kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR ISI)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang harus dimiliki peserta didik untuk menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika dan respon peserta didik terhadap percobaan GHS berbasis sensor accelerometer pada smartphone android. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-eksperimental, dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Cilimus, sampel yang digunakan terdiri dari satu kelas yaitu kelas X IPA 1 dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dan tes kemampuan pemecahan masalah fisika, serta angket tanggapan peserta didik. Teknik analisis yang digunakan yaitu perolehan nilai skor LKPD, N-Gain dan uji paired samples t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai N-Gain yang diperoleh yaitu sebesar 0,47. Hasil uji t diperoleh t_hitung=17,61> t_tabel=2,042, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika yang dialami peserta didik setelah dilakukannya percobaan GHS berbasis sensor accelerometer pada smartphone android. Selain itu, hasil respon peserta didik menunjukkan bahwa rata-rata sebanyak 69% peserta didik menanggapi pembelajaran ini secara positif dengan kategori setuju.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sensor Accelerometer; Smartphone Android; Kemampuan Pemecahan Masalah; Gerak Harmonis Sederhana |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Hanum Nur Fajriah |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 07:16 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 07:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25654 |
Actions (login required)
View Item |