Dampak puasa sunah senin kamis terhadap Psychological Well Being pada santri Pondok Pesantren Yatim dan Dhuafa Al-Kasyaf Kabupaten Bandung

Aina, Quratu (2019) Dampak puasa sunah senin kamis terhadap Psychological Well Being pada santri Pondok Pesantren Yatim dan Dhuafa Al-Kasyaf Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy

Abstract

Penelitin ini dilatar belakangi oleh banyaknya kondisi remaja yang terjerat dalam penyimpangan sosial seperti tawuran, narkoba, pergaulan bebas dan lainnya. Dengan melihat banyaknya penyimpangan sosial pada remaja dapat di terapkannya nilai-nilai religiusitas. Religiusitas merupakan salah satu faktor yang dapat membentuk psychological well being. Puasa sunah senin kamis termasuk dalam peribadatan umat muslim yang diamalkan setiap hari senin dan hari kamis. Psychological well being (kesejahteraan psikologis) merupakan kondisi pada manusia yang dapat dirasakan apabila manusia tersebut sudah menyadari bahwa ada potensi yang terdapat pada dirinya serta mampu mengembangkannya, dan terus memperbaiki kualitas diri supaya dapat menjadi makhluk yang lebih baik dari sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kuantitatif yang menggunakan kuesioner atau angket sebagai instrumen dalam mengumpulkan data yang diperlukan, pengambilan sampel sebanyak 51 responden. Hasil dari analisis regresi sederhana menunjukan bahwa terdapat dampak positif dan signifikan anatara puasa sunah senin kamis dan psychological well being pada santri Pondok Pesantren Yatim dan Dhuafa Al-Kasyaf Bandung. Hasil mnggunakan uji t menunjukan bahwa puasa sunah senin kamis berdampak positif terhadap psychological well being santri dengan nilai thitung > ttabel (8,084 > 2,00856) berarti Ha diterima. Untuk hasil koefisien determinasi (R2) menyatakan bahwa dampak Puasa Senin Kamis terhadap Psychological Well Being santri adalah sebesar 57,2%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah puasa sunah senin kamis mampu membentuk psychological well being (kesejahteraan psikologis) seseorang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Puasa Sunah Senin Kamis; Psychological Well Being
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Islam > Sawm, Fasting
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Puasa Sunnah
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Aina Quratu
Date Deposited: 17 Oct 2019 07:42
Last Modified: 17 Oct 2019 07:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25665

Actions (login required)

View Item View Item