Pertumbuhan ikan nila (Oreochormis niloticus) yang diberi pakan lalat tantara hitam (Hermetia illucens) serta efisiensinya dalam penggunaan pakan

Hasanah, Mariyam (2019) Pertumbuhan ikan nila (Oreochormis niloticus) yang diberi pakan lalat tantara hitam (Hermetia illucens) serta efisiensinya dalam penggunaan pakan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy

Abstract

Ikan nila (Oreochormis niloticus) merupakan ikan air tawar yang sangat diminati dan banyak dibudidayakan masyarakat. Masalah yang dihadapi dalam membudidayakan ikan nila adalah harga pakan yang tinggi karena sumber protein pakan berupa tepung ikan didapatkan dari impor. Salah satu upaya untuk mengatasinya diperlukan sumber protein alternatif dalam pakan. Larva Black Soldier Fly atau biasa disebut maggot merupakan agen biokonversi limbah organik yang mengandung protein tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai sumber protein pakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pertumbuhan serta efisiensi pakan ikan nila yang diberi pakan prepupa Black Soldier Fly. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 kali ulangan, menggunakan prepupa Black Soldier Fly dalam pakan dengan formula 10%, 20%, 30%, 40%, dan 0% prepupa Black Soldier Fly sebagai kontrol. Parameter yang diamati yaitu pertumbuhan bobot, pertambahan panjang, tingkat kelangsungan hidup, efisiensi pakan, serta parameter lingkungan meliputi suhu, pH dan DO. Data dianalisis menggunakan ANOVA, jika terdapat berbeda nyata diuji lanjut dengan Duncan pada taraf 5%. Hasil menunjukkan bahwa 30% tepung prepupa BSF dalam pakan merupakan perlakuan terbaik dengan rata-rata pertambahan bobot 12,13 gram, pertambahan panjang 4,15 cm, tingkat kelangsungan hidup 100%, dan nilai efisiensi pakan 63,48%. Kualitas air selama penelitian berada pada kondisi optimum dengan rata-rata suhu 25-27°C, pH 7, dan DO 6,3-6,5 mg/L. Kesimpulan penelitian ini bahwa sebanyak 30% tepung prepupa Black Soldier Fly pada formula pakan merupakan formulasi terbaik untuk pertumbuhan benih ikan nila dan berpotensi untuk dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ikan nila; Larva black soldier; Pertumbuhan;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: MARIYAM HASANAH
Date Deposited: 28 Oct 2019 07:13
Last Modified: 28 Oct 2019 07:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25672

Actions (login required)

View Item View Item