Manajemen kurikulum homeschooling group berbasis Islam

Nurhasanah, Siti (2017) Manajemen kurikulum homeschooling group berbasis Islam. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (819kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)

Abstract

INDONESIA : Penelitian ini berangkat dari fenomena di kalangan siswa sekolah dasar atau anak usia pra baligh yang mengkhawatirkan. Mulai dari permasalahan pergaulan, gaya hidup, penggunaan bahasa dalam komunikasi yang kurang baik, bahkan sikap yang tidak wajar terhadap teman sebaya, guru ataupun orangtua. Permasalahan yang terjadi pada anak usia sekolah dasar erat kaitannya dengan sikap dan perilaku anak. Oleh karena itu, sebagian orangtua yang khawatir terhadap pergaulan di sekolah formal yang belum mampu membentuk sikap dan perilaku anak dengan baik, akhirnya memilih alternatif untuk melakukan sekolahrumah atau homeschooling untuk pendidikan anaknya, salah satunya homeschooling group berbasis Islam. Namun faktanya homeschooling group berbasis Islam masih memerlukan peningkatan manajemen, termasuk manajemen kurikulumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran manajemen kurikulum di Homeschooling Group Generasi Pemimpin Cemerlang ( HSG Gemilang), dengan merinci prinsip manajemen yang terdiri dari perencanaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum, pelaksanaan kurikulum dan evaluasi kurikulum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Sementara itu, pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: 1)Perencanaan kurikulum homeschooling group berbasis Islam di Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung meliputi: penyusunan kalender pendidikan, program pembelajaran dan kegiatan ekstrakulikuler, jadwal pelajaran dan pembagian tugas pengajar. Perencanaan tersebut disusun setiap awal tahun ajaran baru. 2) Pengorganisasian kurikulum homeschooling group berbasis Islam di lokasi tersebut terlaksana dengan cukup baik. Proses pengorganisasian dilakukan dengan adanya pembagian tugas dan wewenang kepada para guru, serta berkoordinasi antara wali kelas dan orangtua peserta didik untuk membimbing para pesert didik ketika belajar di rumah. 3) Pelaksanaan kurikulum homeschooling group berbasis Islam di lokasi tersebut belum terlaksana dengan baik. Hal ini disebabkan oleh belum adanya penanggung jawab khusus bidang akademik/kurikulum. Proses pelaksanaan kurikulum dipengaruhi oleh proses pembelajaran yang meliputi persiapan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. 4) Evaluasi kurikulum homeschooling group berbasis Islam di lokasi tersebut terlaksana dengan cukup baik, namun evaluasi belum terlaksana secara kontinyu, baik evaluasi dari pihak internalsekolah maupun dari pihak dinas pendidikan. Proses evaluasi di sekolah dilakukan melalui aktivitas rapat bulanan para pengajar dan konsultasi langsung antara pengajar dengan kepala sekolah. 5) Faktor penunjang manajemen kurikulum homeschooling group berbasis Islam di lokasi tersebut adalah adanya lingkungan belajar yang menyenangkan bagi siswa serta para pengajar yang memiliki semangat dan idealisme yang tinggi. Sedangkan faktor penghambat manajemen kurikulum di lokasi tersebut yang utama adalah kompetensi dari sumber daya manusia yang masih memerlukan pembinaan dan peningkatan kualitas. ENGLISH : The research departs from a phenomenon among elementary school students or pre-baligh aged children who are alarming. Starting from the problems of intercourse, lifestyle, the use of poor communication language, thar occur in elementary school age children are closely related to character and behavior. Therefore, some parents are worried about the character of children well, finally chose an alternative to do homeschooling for education of his son, one type of them is Islamic Based Homeschooling Group. But in fact, Islamic Based Homeschooling Group still need management progress, including curriculum management. The pupose of this research is to know the description of curriculum management in Homeschooling Group of Brilliant Leader Generation, with detailing of management principles consisting of curriculum planning, curriculum organizing, curriculum implementation and curriculum evaluation. The method used in this research is analycal descriptive method with qualitative approach. While the data collection of this research is done by observation technique, interview and document study. The results of this study prove that: 1) Planning of curriculum Islamic Based Homeschooling Group in district of Ujung Berung, Bandung city is well done. The evidences are the education calendar, learning programs and extracurricular activities, lesson schedules and the division of teaching task; 2) Organizing of curriculum Islamic Based Homeschooling Group in these location is well done. The evidences are diviting of duty and responsibility to the teachers and parents ;3) Implementation of curriculum Islamic Based Homeschooling Group in these location has not been well implemented. This is due to the absence of special responsibility in the field of academic/curriculum; 4) Evaluation of curriculum Islamic Based Homeschooling Group in these location is well done. The evidences are the record of monthly meetings between teachers and headmaster. Especially the meeting before the semester exam of the students; 5) Factors supporting the management of Islamic Based Homeschooling Group in these location is a fun learning environment for students and teachers who are ready to continue to learn to improve the quality of self. While the inhibiting factor of curriculum management in that location is the main competence of human resources, especially the competence of teachers in preparing lesson plans and teaching materials. However, it can still be improved by doing coaching and training of teachers.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum; Homeschooling Group; Pendidikan Islam
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 17 Oct 2019 07:50
Last Modified: 19 Jan 2022 02:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25714

Actions (login required)

View Item View Item