Pemberdayaan pemandu wisata (Tour Guide) Desa Agrowisata Lebakmuncang dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat

Shoheh, Muh Mahmud (2019) Pemberdayaan pemandu wisata (Tour Guide) Desa Agrowisata Lebakmuncang dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER-dikonversi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK-dikonversi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar_Isi_Skripsi_Shoheh[1]-dikonversi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I-dikonversi.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy

Abstract

Jawa Barat merupakan wilayah yang masih memiliki potensi-potensi yang terpendam, namun potensi-potensi itu masih membutuhkan perhatian penuh dari pihak pemerintahan maupun Lembaga-lembaga yang mempunyai wewenang, salah satu tempat yang terletak di Desa Lebakmuncang yang masih keindahan alam untuk di kembangkan agar mampu memperbaiki tingkat kesejahtteraan masyarakat sekitar. Berbagai macam upaya yang dilakukan oleh pemandu wisata untuk menarik para wisatawan dalam perjalanan wisatanya, denga demikian akan terbentuknya peningkatan penghasilan atau merubah ekonomi masyarakat yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Fokus penelitian ini untuk menganalisis tentang upaya pemerintah Desa Lebakmuncang dalam pemandu wisata untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui program pemberdayaan pemandu wisata dalam menarik parawisatawan dan menganalisis hasil pemberdayaan pemandu wisata dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Pendekatan teori yang digunakan dalan penelitian ini adalah teori Pemberdayaan dan Kesejahteraan yang dikemukakan oleh Robbins (1998), ia menyatakan bahwa pemberdayaan sebagai kemampuan individu yang bersenyawa dengan masyarakat dalam membangun keberdayaan masyarakat yang bersangkutan baik di bidang ekonomi, sosial, agama dan budaya. Sedangkan kesejahteraan adalah kondisi terpenuhinya kebutuhan material sosial dan spiritual sehingga mampu hidup layak dan mampu mengembangkan diri, sehingga dapat melaksanakan fungsi sosialnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini digunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks pengembangan masyarakat islam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya pemerintah yang dilakukan dalam program desa wisata melalui pembekalan study materi, dan studi analisis. Kemudian pelaksanaan pemberdayaan masyarakat dilakukan melalui program pelatihan, yaitu meningkatkan penghasilan masyarakat dari sektor pariwisata, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai segi kehidupan terlebih meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga masyarakat lebih sejahtera dengan terpenuhi kehidupan jasmani dan rohani. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberdayaan pemandu wisata (tour guide) dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Desa Lebakmuncang tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Pemandu Wisata; Kesejahteraan Ekonomi;
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mahmud Muh Mahmud Shoheh Mahmud
Date Deposited: 18 Oct 2019 07:50
Last Modified: 18 Oct 2019 07:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25740

Actions (login required)

View Item View Item