Pengaruh konsentrasi Indole-3-Butyric Acid (IBA) dan 6-Benzyl Amino Purine (BAP) terhadap pertumbuhan tanaman Aglaonema sp.var. Lipstick aurora secara in vitro

Aprilia, Mia (2019) Pengaruh konsentrasi Indole-3-Butyric Acid (IBA) dan 6-Benzyl Amino Purine (BAP) terhadap pertumbuhan tanaman Aglaonema sp.var. Lipstick aurora secara in vitro. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy

Abstract

Induksi mata tunas Aglaonema merupakan salah satu cara untuk memperbanyak tanaman dengan kualitas yang tinggi, bebas penyakit, dan dalam jumlah banyak pada sembarang waktu karena budidayanya tidak dipengaruhi oleh musim dan cuaca. Medium kultur sebagai sumber nutrisi bagi eksplan memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan kultur jaringan. Selain itu, dalam pembuatan medium kultur biasanya ditambahkan zat pengatur tumbuh sebagai senyawa yang secara langsung dapat mempengaruhi pertumbuhan dan propagasi eksplan. ZPT yang digunakan dalam penelitian adalah BAP sebagai sumber sitokinin, dan IBA sebagai sumber auksin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terbaik BAP dan IBA dalam menumbuhkan planlet Aglaonema sp. var. lipstick aurora secara in vitro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap Faktorial dengan 2 faktor dan 3 ulangan. Konsentrasi BAP yang digunakan terdiri dari 3 taraf yaitu 0 mgL-1; 5 mgL-1; 10 mgL-1 sedangkan konsentrasi IBA terdiri dari 3 taraf yaitu 0,5 mgL-1; 1 mgL-1; 1,5 mgL-1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian BAP dan IBA mampu memacu pertumbuhan tunas Aglaonema sp.var. lipstick aurora pada seluruh konsentrasi. Pada perlakuan kombinasi BAP 5 mgL-1 dan IBA 1 mgL-1, eksplan mampu menumbuhkan waktu muncul tunas tercepat, panjang tunas tertinggi, jumlah tunas terbanyak, hingga merespon pertumbuhan daun (planlet). Peranan ZPT IBA yang ditambahkan dengan konsentrasi yang semakin tinggi menghambat pertumbuhan akar Aglaonema sp.var. lipstick aurora.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: aglaonema; indole-3-butyric acid; induksi; in vitro, 6-benzyl amino purine.
Subjects: Specific Vegetative Characteristics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Mia Aprilia
Date Deposited: 18 Oct 2019 06:22
Last Modified: 18 Oct 2019 06:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25761

Actions (login required)

View Item View Item