Peran Pesantren Darut Taubah dalam peningkatan nilai-nilai keagamaan: Studi deskriptif terhadap remaja di lingkungan Saritem Kota Bandung

Susanti, Susanti (2019) Peran Pesantren Darut Taubah dalam peningkatan nilai-nilai keagamaan: Studi deskriptif terhadap remaja di lingkungan Saritem Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy

Abstract

ngkungan Saritem. yang mana objek penelitiannya diarahkan pada proses perubahan yang terjadi pada remaja dalam peningkatan nilai-nilai keagamaan sebelum dan sesudah adanya Pesantren.Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui program yang dikembangkan pesantren Darut Taubah. (2) Untuk mendeskripsikan representasi keberhasilan sesudah dan kegagalan sebelum adanya program pesantren Darut Taubah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskrtiptif kualitatif. Tehnik yang digunakan dalam metode ini adalah wawancara, observasi, serta dokumentasi dan studi kepustakaan. Alasan penulis menggunakan metode tersebut karena telah memenuhi standar kesesuaian dalam proses mencari dan mendapatkan data yang di inginkan. Sebagai lembaga pendidikan, Darut Taubah banyak memberikan kontribusinya melalui pembelajaran dan programnya untuk memperbaiki dan meningkatkan prilaku remaja setelah memasuki dunia pesantren, yang mana hal tersebut menghasilkan respon dan apresiasi yang baik terhadap perkembangan serta peningkatan nilai-nilai keagamaan remaja yang diperlihatkannya melalui prilaku serta kebiasaan remaja di dalam kesehariannya. Keberadaan Darut Taubah tidak hanya berperan sebagai sarana informasi bagi remaja, namun melalui program serta pembelajaran yang di terapkannya dapat membawa perubahan terhadap proses perkembangan remaja dalam memperbarui serta meningkatkan khasanah keilmuannya dalam ber etika serta bertutur kata baik terhadap orang tua, teman dan lingkungannya. Adapun rekomendasi yang diberikan adalah (1) lebih meningkatkan kualiatas dan kinerja pesantren sebagai lembaga pendidikan islam.(2) menciptakan interaksi yang kuat antara remaja dan pesantren yang turut menunjang keberhasilan pendidikan karakter di pesantren.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pesantren; Remaja dan Nilai;
Subjects: Religious Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Susanti Susanti
Date Deposited: 21 Oct 2019 03:47
Last Modified: 21 Oct 2019 03:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25793

Actions (login required)

View Item View Item