Pengaruh kombinasi Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) dan posisi eksplan terhadap pertumbuhan kalus daun Tin varietas Green Yordan (Ficus carica. L) secara In Vitro

Suryani, Ririn (2019) Pengaruh kombinasi Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) dan posisi eksplan terhadap pertumbuhan kalus daun Tin varietas Green Yordan (Ficus carica. L) secara In Vitro. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Tanaman tin (Ficus carica L.) adalah tanaman asli Asia Barat yang saat ini telah banyak dibudidayakan di Indonesia memilki khasiat obat karena mengandung zat sejenis alkalin yang mampu menghilangkan kemasan dalam tubuh, merangsang pembentukan hemoglobin dan dapat mengobati luka luar. Secara konvensional tin diperbanyak dengan biji, cangkok dan stek, namun masih terdapat banyak kendala diantaranya biji sulit tumbuh, cangkok yang sangat lambat dan terbatas serta kualitas bibit yang kurang baik. sehingga diperlukan perbanyakan secara in vitro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi zat pengatur tumbuh dan posisi eksplan terhadap pertumbuhan kalus daun Tin varietas Green yordan (Ficus carica L.) secara in vitro. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium kultur jaringan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dari bulan Februari sampai bulan Juli 2019. Metode yang digunakan adalah deskriptif, rancangan perlakuan yang digunakan terdiri dari 2 faktor yaitu faktor 1 kombinasi ZPT 2,4-D (2 mgL-1) dan kinetin (0,2 mgL-1, 0,4 mgL-1, 0,6 mgL-1) faktor 2 posisi penanaman eksplan (abaksial dan adaksial). Hasil penelitian perlakuan kombinasi ZPT 2 mgL-1 2,4-D + 0,2 mgL-1 kinetin dengan posisi penanaman secara adaksial paling baik pada awal pembentukan kalus. Tekstur kalus yang terbetuk yaitu kompak dan remah, kalus terbaik berwarna kehijauan pada perlakuan kombinasi ZPT 2 mgL-1 + 0,2 mgL-1 kinetin dengan posisi eksplan adaksial dan kombinasi ZPT 2 mgL-1 + 0,6 mgL-1 kinetin dengan posisi eksplan adaksial, dimana pada 12 MSI terdapat greenspot berupa benjolan-benjolan berwarna hijau muda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Abaksial; Adaksial; Kalus; Kinetin; 2,4-D;
Subjects: Physiology
Physiology > Tissue Culture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Ririn Suryani
Date Deposited: 28 Oct 2019 06:15
Last Modified: 28 Oct 2019 06:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25808

Actions (login required)

View Item View Item