Peran pembimbing dalam membina akhlakul karimah santri: Penelitian di Asrama Putri SMK Daarut Tauhiid Boarding School Bandung

Nurjanah, Siti Sofa (2019) Peran pembimbing dalam membina akhlakul karimah santri: Penelitian di Asrama Putri SMK Daarut Tauhiid Boarding School Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (832kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai Peran Pembimbing dalam Membina Akhlakul Karimah Santri. Peran adalah suatu pedoman aturan yang harus dijalankan oleh orang-orang yang memegang status atau kekuasaan yang bertanggung jawab pada orang yang dibimbingnya, agar berperilaku adil dan bertindak jujur tehadap dirinya sendiri dan orang lain. Seorang pembimbing dalam melaksanakan tugasnya harus melakukan peranan yang berbeda-beda sesuai dengan situasi dan kondisi yang dialami para remaja saat ini. Pembimbing merupakan seseorang yang berinteraksi menemani santri selama 24 jam dalam sebuah asrama. Oleh sebab itu pembimbing sangat berperan dalam segala bentuk aktifitas santri. Pembimbing dituntut untuk memahami karakter setiap santri agar cara pembinaan yang dilakukan sesuai dan tepat sasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tugas dan fungsi pembimbing dalam pembinaan akhlak, selain itu juga untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan yang dilakukan dalam upaya pembinaan akhlak serta mengetahui faktor pendorong dan penghambat pembimbing dalam melaksanakan pembinaan akhlak kepada para santri. Penelitian ini mengacu pada Teori Peran yang dikemukakan oleh Biddle dan Thomas yang menyatakan bahwa peran adalah serangkaian rumusan yang membatasi perilaku perilaku yang diharapkan dari pemegang kedudukan tertentu. Peran menyebabkan seseorang pada batas-batas tertentu dapat meramalkan perbuatan- perbuatan orang lain. Orang yang bersangkutan akan dapat menyesuaikan perilaku sendiri dengan perilaku orang-orang sekelompoknya. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi serta wawancara lngasung kepada pembimbing dan santri agar dapat memberikan gambaran sesuai fakta lapangan mengenai peran pembimbing dalam membina akhlakul karimah santri di SMK Daarut Tauhiid Boarding School Bandung. Hasil Penelitian menunjukan bahwa tugas dan fungsi pembimbing yaitu untuk melakukan pembinaan terhadap santri agar berakhlakul karimah. Sementara metode pembinaan akhlak nya dilakukan dengan cara : Bimbingan, Pembiasaan, Peneladanan Pengawasan dan Nasihat. Proses pelaksanaan nya meliputi berbagai program diantaranya mentoring, pengamalan ibadah, pengawasan dengan buku Mutaba’ah Yaumiyah, punishment dan reward. Hasil dari pembinaan akhlak santri yaitu santri terbiasa menerapkan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), BRTT ( Bersih, Rapih, Tertib, Teratur), taat kepada semua aturan asrama. Adapun faktor pendorong pembinaan akhlak adalah kesadaran santri yang faham dan gampang diatur, sementara faktor peghambatnya adalah pengaruh dari luar yang membawa dampak buruk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran; Pembimbing; Pembinaan Akhlak; Santri;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Siti Sofa Nurjanah
Date Deposited: 23 Dec 2019 01:56
Last Modified: 23 Dec 2019 01:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25823

Actions (login required)

View Item View Item