Nurfalah, Syifa (2019) Penerapan model pembelajaran Inquiry Student Team Achievement Division (ISTAD) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada Materi Gelombang Bunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (366kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan untuk mempersiapkan diri dari perkembangan teknologi dan sains di abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan dan perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Inquiry Student Team Achievement Division (ISTAD) dan discovery learning pada materi gelombang bunyi. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MAN 3 Tasikmalaya, sempel yang dipilih yaitu kelas XI MIA 2 dan XI MIA 3 yang masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu keterlaksanaan Lembar Observasi (LO), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dan tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis yang digunakan yaitu perhitungan persentase LO, persentase skor LKPD, N-Gain dan uji t independen samples test. Hasil penelitian menunjukan persentase keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen dengan model pembelajaran ISTAD untuk aktivitas guru 88% berkategori sangat baik dan peserta didik 84% berkategori baik, sedangkan kelas kontrol dengan model discovery learning untuk aktivitas guru dan peserta didik 87% terkategori sangat baik. Rata-rata N-Gain terdapat peningkatan yaitu pada kelas eksperimen 0,72 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0,53 dengan kategori sedang. Hasil uji t diperoleh > , sehingga terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik antara peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran ISTAD dan discovery learning pada materi gelombang bunyi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inquiry Student Team Achievement Division (ISTAD); berpikir kritis; peserta didik; Materi Gelombang Bunyi; |
Subjects: | Education, Research Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | syifa nurfalah royani |
Date Deposited: | 21 Oct 2019 04:07 |
Last Modified: | 21 Oct 2019 04:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25839 |
Actions (login required)
View Item |