Peran panti asuhan dalam pemberdayaan anak yatim: penelitian di panti asuhan Hikmah Mufakir Istiqomah Jl. Rajawali Timur No. 88 RW. 03 RT. 10 Ciroyom, Kecamatan Andir, Kota Bandung

Hilmansyah, Hilmansyah (2019) Peran panti asuhan dalam pemberdayaan anak yatim: penelitian di panti asuhan Hikmah Mufakir Istiqomah Jl. Rajawali Timur No. 88 RW. 03 RT. 10 Ciroyom, Kecamatan Andir, Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_Bab1.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan anak yang ditinggal oleh orang tuanya meninggal terpaksa mereka harus menghadapi dirinya sendiri dengan cara mencari nafkah sendiri dan bagi anak yang masih mempunyai orang tua, mereka harus membantu orangtuanya berkerja yang terpaksa harus meninggalkan rumah dan sekolah guna mengais atau mencari nafkah sehingga mereka menjadi anak-anak terlantar yang putus sekolah karena ketiadaan biaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Norma Pemberdayaan Anak Yatim yang diterapkan oleh pengurus Panti Asuhan Hikmah Mufakir Istikomah di Jl. Rajawali Timur No. 88 RW. 03 RT. 10 Ciroyom, Kecamatan Andir, Kota Bandung, salah salah satu buktinya pengurus panti memberikan pembekalan Pendidikan dan keterampilan berwirausaha supaya tidak bergantung kepada orang lain dan bisa hidup mandiri. Selain itu juga panti asuhan menerapkan konsep dalam memberdayakan anak yatim, untuk mengetahui perilaku anak yatim dilingkungan Panti Asuhan Hikmah Mufakir Istikomah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Soejono Soekanto adalah teori peran yang merupakan aspek dinamis kedudukan (status) apabila seseorang melaksanakan hak dan kewajiban sesuai dengan kedudukannya yang mencakup tiga aspek yaitu : meliputi norma-norma, konsep yang dilakukan oleh individu dan perilaku yang penting bagi struktur sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat proses kemandirian yang diterapakn pengurus panti asuhan terhadap anak asuh. Salah satu buktinya dengan mengajarkan anak asuh dalam hal apa saja, menerapkan norma dan peraturan tata tertib yang berlaku. Selain itu juga panti menpkan konsep dalam mebentuk kemanirian pada anak sepert : membiasakan bangun pagi, melaksanakan sholat awal waktu, pembinaan keagamaan dan keterampilan berwirausaha. Perilaku anak disiplin dan mandiri merupakan perilaku ang dibentuk dengan cara bersosialisasi dengan anak dan menjalani proses yang sudah diterapkan di panti asuhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran; pemberdayaan anak yatim
Subjects: Social Process > Social Norms
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Hilmansyah syah
Date Deposited: 12 Nov 2019 03:45
Last Modified: 12 Nov 2019 03:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25901

Actions (login required)

View Item View Item