Metode Quantum ikhlas sebagai solusi bagi remaja yang mengalami kasus perceraian orang tua: Penelitian terhadap siswa & siswi kelas X dan XI jurusan teknik pemesinan di SMKN 06 Bandung

Azmala, Nurul (2019) Metode Quantum ikhlas sebagai solusi bagi remaja yang mengalami kasus perceraian orang tua: Penelitian terhadap siswa & siswi kelas X dan XI jurusan teknik pemesinan di SMKN 06 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy

Abstract

Sebuah perceraian tentu tidaklah diinginkan oleh keluarga siapapun, hanya saja perceraian terjadi karena situasi dan kondisi tertentu yang memang hubungan pasangan suami maupun istri tersebut sudah tidak bisa diperbaiki lagi, dan jika di teruskan akan menjadi banyak nilai negatif, dibandingkan nilai positifnya. Jika hal demikian sudah terjadi, bukan hanya orang tua saja yang mengalami dampak dari kejadian tersebut, melainkan pula pada anak dari orang tua yang bercerai tersebut. Kasus perceraian ini terdapat dari kerangka pemikiran tentang semakin meningkatnya angka perceraian di kota Bandung yang semakin meningkat setiap tahunnya, serta semakin banyaknya kasus kenakalan remaja. Bahkan anak-anak yang mudah terjerumus kedalam kasus kenakalan remaja itu merupakan bagian dari anak yang keluarganya bercerai. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui dampak terhadap anak remaja yang mengalami kasus perceraian orang tua, untuk mengetahui Metode dari Quantum Ikhlas sebagai suatu renungan terhadap anak remaja yang mengalami kasus perceraian orang tua, serta untuk mengetahui pengaruhnya Metode Quantum Ikhlas terhadap anak remaja yang mengalami kasus perceraian orang tua, yang didapatkan dari data anak remaja kelas X dan XI Jurusan TPM (Teknik Pemesinan) di SMKN 06 Bandung. Karena sebelumnya peneliti sudah mengetahui, bahwa terdapat banyak anak remaja yang mengalami kasus perceraian orang tua di sekolahan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam proses penelitian tersebut yaitu penelitian Kuantitatif, dengan desian penelitian Pre-Eksperimental One Group Pretest-Posttest, untuk teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling (Sampel Dengan Maksud), untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, serta untuk analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis (Uji Wilcoxen). Berdasarkan dari hasil penelitian ini, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa dari Varibel X (Quantum Ikhlas) dan Variabel Y (Perceraian) terhadap remaja di kelas X dan XI Jurusan TPM di SMKN 06 Bandung berada dalam kategori sangat kuat. Selain itu, ketika di uji normalitas data yang diperoleh itu tidak normal, dengan alasan kurangnya responden yang terdapat di sekolah tersebut, begitu pula dengan uji hipotesis menggunakan uji wilcoxen, dikarenakan data di uji normalitasnya itu tidak normal, dan setelah dilakukan uji wilcoxen pun, data yang diperoleh itu ditolak, dengan alasan kurangnya respoden dan singkatnya waktu penelitian, sehingga proses penelitian pun berlangsung tidak secara maksimal. Namun dengan demikian terdapat pengaruh Quantum Ikhlas terhadap anak remaja dilihat dari beberapa indikator yang telah peneliti sediakan. Ini berarti bahwa Quantum Ikhlas itu berpengaruh, namun lebih besar lagi pengaruh dari luar seperti keluarga maupun sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Quantum ikhlas; Remaja; Perceraian;
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Nurul Azmala
Date Deposited: 23 Oct 2019 08:05
Last Modified: 23 Oct 2019 08:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25991

Actions (login required)

View Item View Item