Strategi branding perusahaan batik dalam menciptakan Brand Equity perusahaan: Analisis deskriptif pada BT Batik Trusmi Cirebon sebagai One Stop Shopping Batik terbesar di Indonesia

Marwan, Lu'ay (2019) Strategi branding perusahaan batik dalam menciptakan Brand Equity perusahaan: Analisis deskriptif pada BT Batik Trusmi Cirebon sebagai One Stop Shopping Batik terbesar di Indonesia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

BT Batik Trusmi Cirebon merupakan salah satu showroom batik yang berlokasi di kawasan sentral batik Trusmi di desa Trusmi, kabupaten Cirebon. Meski bukan yang pertama berdiri, namun, BT Batik Trusmi mampu menjadi showroom yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Menjadi showroom batik yang banyak dikunjungi tentu membutuhkan strategi branding yang baik. Hal ini menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini, yakni bagaimana strategi yang dilakukan oleh BT Batik Trusmi Cirebon dalam menciptakan brand equity perusahaannya sehingga mampu memiliki daya tarik tersendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi BT Batik Trusmi dalam menciptakan brand equity sehingga mampu menjadi tujuan utama bagi wisatawan untuk berbelanja dan berwisata melalui produk yang ditawarkannya, harga, lokasi, serta promosi yang dijalankannya. Penelitian ini menggunakan konsep marketing mix, yang terbagi menjadi empat, yakni product, price, place dan promotion. Konsep ini dipilih karena mampu menggambarkan strategi perusahaan yang berupa pertokoan dalam menciptakan brand equity perusahaannya. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini ialah paradigma konstruktivisme dan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi branding yang dilakukan BT Batik Trusmi melalui produk, harga, lokasi dan promosinya mampu menciptakan brand equity yang kuat di masyarakat. Melalui produk, BT Batik Trusmi menawarkan konsep one stop shopping batik sehingga pengunjung bukan hanya disuguhkan wisata belanja, tetapi juga wisata kuliner, wisata edukatif dan rekreatif, serta wisata berbasis kebudayaan. Melalui harga, BT Batik Trusmi memegang prinsip “lebih baik dikomplain karena harga, daripada dikomplain karena kualitas”, sehingga menimbulkan asumsi bahwa kualitas yang diberikan sesuai dengan harga yang ditawarkan. Melalui pemilihan lokasi store di kawasan sentral batik Trusmi, menciptakan brand awareness di masyarakat. Melalui promosi yang dijalankan, BT Batik Trusmi mampu menarik konsumen dari berbagai usia, jenis kelamin, dan berasal dari berbagai daerah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: strategi branding; brand equity; batik; batik Cirebon; BT Batik Trusmi; One Stop Shopping; citra perusahaan; humas; marketing; marketing mix;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Business
General Management > Planning and Strategic Management
General Management > Marketing, Management of Distribution
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Lu'ay Marwan
Date Deposited: 23 Oct 2019 07:51
Last Modified: 23 Oct 2019 07:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26037

Actions (login required)

View Item View Item