Penerapan metode Point Counter Point untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik: Penelitian tindakan kelas di kelas V MI PUI Cidulang Cikijing Majalengka

Sartika, Dede Ika (2019) Penerapan metode Point Counter Point untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik: Penelitian tindakan kelas di kelas V MI PUI Cidulang Cikijing Majalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (604kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan masalah di MI PUI Cidulang pada pembelajaran dikarenakan siswa kurang dalam minat belajar. Terdapat permasalahan ini karena belum ditemukannya penerapan metode pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan model point counter point pada pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Minat belajar siswa pada pembelajaran Tematik kelas V MI PUI Cidulang Cikijing Kabupaten Majalengka sebelum menggunakan metode Point Counter Point. (2) Proses pembelajaran dengan menggunakan metode Point Counter Point pada pembelajaran Tematik siswa kelas V MI PUI Cidulang Cikijing Kabupaten Majalengka. (3) Minat belajar siswa pada pembelajaran Tematik kelas V MI PUI Cidulang Cikijing Kabupaten Majalengka setelah menggunakan metode Point Counter Point. Penelitian ini berdasarkan kepada minat belajar siswa pada pembelajaran tematik dapat meningkat dengan menggunakan penerapan pembelajaran yang tepat yaitu dengan menggunakan metode point counter point. Sehingga hipotesis tindakan menerapkan metode point counter point dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V MI PUI Cidulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas pelaksanaannya melalui dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Minat belajar siswa pada Pembelajaran Tematik sebelum menggunakan metode point counter point masih kurang dengan nilai rata-rata 59 (2) Penerapan metode point counter point berjalan baik sesuai dengan tahapannya, pada setiap siklus aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan pada siklus I pada aktivitas guru mencapai 79% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 91% dengan kategori sangat baik. Sedangkan, aktivitas siswa pada siklus I mencapai 61% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 89% dengan kategori sangat baik. (3) Minat belajar siswa setelah diterapkan metode point counter point mengalami peningkatan yaitu mencapai 78,13%, pada siklus II semakin meningkat yaitu mencapai 93,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode point counter point dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V MI PUI Cidulang Cikijing Kabupaten Majalengka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode Point Counter Point ;minat belajar; pembelajaran tematik; Majalengka
Subjects: Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dede Ika Sartika
Date Deposited: 30 Oct 2019 06:28
Last Modified: 30 Oct 2019 06:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26076

Actions (login required)

View Item View Item