Penerapan metode Survey Question Read Recite and Review untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadits: Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Hayatul Islam Cileat

Hayati, Cucu (2019) Penerapan metode Survey Question Read Recite and Review untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadits: Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Hayatul Islam Cileat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits kelas V MI Hayatul Islam Cileat. Rendahnya hasil belajar tersebut dikarenakan guru belum menggunakan metode yang tepat dalam pembelajaran, untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan proses pembelajaran dengan diterapkannya metode SQ3R. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits kelas V MI Hayatul Islam Cileat sebelum di terapkannya metode SQ3R. 2) Proses pembelajaran Al-Quran Hadits kelas V MI Hayatul Islam Cileat dengan menggunakan metode SQ3R. 3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits kelas V MI Hayatul Islam Cileat setelah diterapkannya metode SQ3R. Hipotesis yang diajukan ialah penerapan metode SQ3R,diduga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan setiap siklus terdapat dua tindakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan studi dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa 1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode SQ3R masih rendah dengan nilai rata-rata sebesar 61,2. 2) Penerapan metode SQ3R berjalan dengan baik sesuai dengan tahapannya. Adapun rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru pada siklus I 77,5%, sedangkan pada siklus II 87,5% dan mengalami peningkatan. Keterlaksanaan aktivitas siswa pada siklus I 72,5% pada siklus II 87,5%. 3) Hasil belajar siswa setelah diterapkan metode SQ3R mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 70, pada siklus II 81,1. Adapun persentase ketuntasan belajar siklus I 64% sedangkan siklus II 92%. Maka dapat disimpulkan bahwa metode SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode;SQ3R;Hasil Belajar.
Subjects: Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Cucu oca Hayati
Date Deposited: 31 Oct 2019 07:29
Last Modified: 31 Oct 2019 07:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26090

Actions (login required)

View Item View Item