Diversifikasi media massa di era revolusi industri 4.0

Nugraha, Muhammad Pasya (2019) Diversifikasi media massa di era revolusi industri 4.0. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mendorong media untuk melakukan perluasan usaha. Jika hanya berdiam diri tanpa melakukan perluasan usaha maka media akan kalah di pasar dan kehilangan peminatnya. Oleh karena itu media harus melakukan perluasan usaha, dengan menyesuaikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era revolusi industri 4.0 yang serba digital. Penelitian ini mengungkap diversifikasi media massa di era revolusi industri 4.0 mengenai tiga hal. Pertama, persiapan yang dilakukan oleh Harian Umum Pikiran Rakyat dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Kedua, mengenai penerapan diversifikasi Harian Umum Pikiran Rakyat. Ketiga, mengenai bagaimana strategi Harian Umum Pikiran Rakyat dalam melakukan perluasan unit usaha. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori spasialisasi dari Vincent Mosco yang menyatakan bahwa perluasan usaha media dilakukan karena adanya ruang dan waktu yang tersedia sebagai peluang untuk memperluas usaha. Teori ini relevan dengan apa yang dibahas dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang objek penelitiannya yaitu proses diversifikasi pada Harian Umum Pikiran Rakyat. Data diperoleh dari hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan subjek penelitian ini adalah manajer editor yang merangkap sebagai redaksi pelaksana pikiran rakyat, business development pikiran rakyat dan anggota dewan pers periode 2010-2016. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan tiga simpulan. Pertama, Harian Umum Pikiran Rakyat melakukan persiapan dengan merekrut sumber daya manusia yang milenial dan adaptif terhadap revolusi indsutri 4.0 serta menyiapkan dua kebijakan berupa kebijakan sdm dan kebijakan strategis. Kedua, Penerapan diversifikasi yang dilakukan yaitu dalam bentuk linear dan nonlinear. Ketiga, strategi yang dilakukan merupakan strategi diversifikasi dengan menerapkan cost leadership dan diferensiasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Diversifikasi; Harian Umum Pikiran Rakyat; Revolusi Industri 4.0;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Muhammad Pasya Nugraha
Date Deposited: 24 Oct 2019 02:27
Last Modified: 24 Oct 2019 02:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26097

Actions (login required)

View Item View Item