Penerapan peraturan presiden nomor 1 Tahun 2015: Analisis hukum tata negara tentang penanganan dampak sosial kemasyarakatan pembangunan Waduk Jati Gede

Muslihat, Rika (2017) Penerapan peraturan presiden nomor 1 Tahun 2015: Analisis hukum tata negara tentang penanganan dampak sosial kemasyarakatan pembangunan Waduk Jati Gede. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3-DAFTAR ISI.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4-BAB I.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB ll.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2015 tentang penanganan dampak sosial kemasyarakatan pembangunan waduk Jati Gede, yang diduga memiliki problem akademik terkait dengan telaah hukum tata negara (siyasah). Tujuan penelitian: (1), untuk mengetahui penerapan peraturan presiden nomor 1 tahun 2015 dalam mengatasi masyarakat yang kena dampak pembangunan waduk Jati Gede. (2), Untuk mengetahui tinjauan teori hukum tata negara (siyasah) terhadap peraturan presiden nomor 1 tahun 2015 tentang penanganan dampak sosial kemasyarakatan pembangunan Waduk Jati Gede. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa pola kebijakan pemerintah mengenai pembangunan harus bermuara kepada aspek kemaslahatan publik (maslahah al-ámmah) dan menghindar kerugian (dafúl mafasid). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif, dimana metode ini digunakan untuk mengumpulkan data serta menggambarkan kandungan data. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yakni pendekatan yang tidak memerlukan suatu perhitungan namun berdasarkan suatu kualitas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, studi kepustakaan dan catatan di lapangan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) pelaksanaan penerapan Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2015 berjalan secara normatif, namun menyisakan sejumlah masalah yang krusial, (2) Penerapan peraturan ini kontra dengan teori kemaslahatan publik (maslahah al-ámmah) dan prinsip dafúl mafasid dalam sistem ketatanegaraan Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peraturan Presiden; Analisis Hukum; Dampak Sosial;
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 26 Dec 2019 02:27
Last Modified: 26 Dec 2019 02:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26099

Actions (login required)

View Item View Item