Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token berbasis problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekologi: Penelitian di kelas X IPA SMAN 27 Bandung

Mulia, Tresna Fadilah (2019) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token berbasis problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekologi: Penelitian di kelas X IPA SMAN 27 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token berbasis problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token berbasis problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token berbasis problem based learning memperoleh rata-rata sebesar 93,5% aktivitas guru dan 84,44% aktivitas siswa dengan kategori sangat baik. Keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen menghasilkan nilai rata-rata pretest 32,31, posttest 83,25, dan N-gain 0,76, sedangkan kelas kontrol menghasilkan nilai rata-rata pretest 34,25, posttest 73,11, dan N-gain 0,59. Respon siswa terhadap proses pembelajaran memiliki nilai rata-rata 3,9 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t independent didapatkan hasil thitung = 7,19 > ttabel = 1,66 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe time token berbasis problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kooperatif tipe time token; problem based learning; berpikir kritis; ekologi;
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 10659 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2019 04:04
Last Modified: 24 Oct 2019 04:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26132

Actions (login required)

View Item View Item