Pengaruh pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi

Irmayanti, Siti (2019) Pengaruh pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran biologi yang diterapkan guru masih lebih dominan kepada aspek pemahaman konsep, siswa lebih sering menghapal konsep tanpa mengetahui bagaimana proses untuk menemukan konsep sehingga mengakibatkan kurangnya kemampuan siswa dalam berpikir. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan dalam mendorong kemampuan berpikir kritis siswa yaitu pembelaran berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan, keterampilan berpikir kritis, pengaruh dan respon terhadap pembelajaran berbasis STEM Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment. Sampel penelitian ini kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol berjumlah 31 siswa dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa di SMAN 2 Cimalaka, instrumen soal yang digunakan tes uraian dengan data penunjang berupa lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran berbasis STEM pada presentase aktivitas guru dalam proses pembelajaran sebesar 87,5% dengan kategori (sangat baik) dan nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 70,41% dengan kategori (Baik). Pembelajaran dengan berbasis STEM diperoleh nilai rata-rata sebesar 60,93. Pembelajaran tanpa STEM diperoleh rata-rata 32,70. Pengaruh pembelajaran berbasis STEM berpengaruh positif diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,511>1,671. Respon siswa terhadap pembelajaran berbasis STEM diperoleh 77,22% dengan kategori (Kuat).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: STEM; Berpikir Kritis; Sistem Ekskresi;
Subjects: Biology > Data Processing and Analysis of Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Gungun Gunawan
Date Deposited: 24 Oct 2019 06:52
Last Modified: 24 Oct 2019 06:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26168

Actions (login required)

View Item View Item