Tinjauan Fiqih Muamalah terhadap Strategi Pemasaran Pembiayaan Perbankan Syariah (Studi Kasus pada Bank Jabar Banten Syariah Cabang Purwakarta)

Evia Paradiba Taufaj, Evia (1209302047) (2014) Tinjauan Fiqih Muamalah terhadap Strategi Pemasaran Pembiayaan Perbankan Syariah (Studi Kasus pada Bank Jabar Banten Syariah Cabang Purwakarta). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (995kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Dalam menentukan pertimbangan tentang kriteria nasabah yang diambil oleh Bank BJB Syariah Purwakarta meliputi beberapa pertimbangan adalah pertimbangan bisnis produktif dan pertimbangan sosial, yaitu pengamatan terhadap kehidupan calon nasabah dalam kehidupan di lingkungan tempat tinggalnya, dan kinerja di lingkungan tempat kerjanya. Hanya calon nasabah masih banyak yang belum memahami secara mendalam mengenai akad pembiayaan perbankan syariah sebagaimana pemahamannya terhadap pembiayaan yang terdapat pada bank konvensional. Atas dasar inilah diajukan pertanyaan penelitian, yaitu : (1) Bagaimana strategi pemasaran pembiayaan yang diterapkan oleh Bank Jabar Banten Syariah Cabang Purwakarta dalam meraih nasabah?(2) Bagaimana tinjauan fiqh muamalah terhadap strategi pemasaran pembiayaan yang diterapkan oleh Bank Jabar Banten Syariah Cabang Purwakarta dalam meraih nasabah? Penelitian bertitik tolak dari kerangka berpikir bahwa dalam perspektif fiqh muamalah pemasaran termasuk perbuatan yang diperintah oleh Al-Quran dan Al-Sunnah, di antaranya adalah memasarkan perdagangan dengan cara yang benar, jujur, tidaklicik, dan tidak mengandung unsure penipuan sehingga jual beli yang terjadi dilaksanakan dengan saling merelakan. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif yang menerapkan pendekatan studi kasus yang terdapat pada Bank Jabar Banten Syariah Cabang Purwakarta.Sumber data diambil dari para pejabat Bank Jabar Banten Syariah Cabang Purwakarta dan dokumen yang langsung berhubungan dengan masalah yang diteliti.Data dikumpulkan dengan wawan cara dan pengamatan dengan jenis data mengacu kepada dua permasalahan yang diajukan.Setelah data terkumpul, dianalisis dengan cara diseleksi dan diklasifikasi dan ditafsirkan dengan metode analisis. Dari seluruh hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) Strategi pemasaran pembiayaan perbankan syariah di Bank Jabar Banten Syariah Cabang Purwakarta dilakukan yaitu memasarkan produk perbankan syariah sebagai bagian dari upaya membantu masyarakat dalam permodalan; (2) Sosialisasi produk Bank Jabar Banten Syariah Cabang Purwakarta dengan sistem syariah berprinsip kepada tujuan syariat Islam; (3) Memahami nasabah dari segi kebutuhan, keinginan, pengetahuan, dan faktor psikologis yang menimbulkan komitmen dan loyalitas nasabah kepada Bank Jabar Banten Syariah cabang Purwakarta. Dalam pespektif muamalah strategi pemasaran pembiayaan perbankan syariah hukumnya boleh sepanjang tidak ada dalil yang melarangnya. Pemasaran termasuk kepada promosi penjualan, dalam fiqh muamalah barang yang ditawarkan harus jelas keberadaannya, ukurannya, harganya, pemiliknya, dan dilakukan dengan akad yang benar. Dengan strategi pemasaran yang benar maka Bank Jabar Banten Syariah Cabang Purwakarta telah menjalankan prinsip saling merelakan dalam jual beli produk perbankan dengan paranasabahnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fiqih Muamalah, Strategi Pemasaran, bank Syariah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2017 03:29
Last Modified: 30 Mar 2017 05:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2617

Actions (login required)

View Item View Item