Pesan dakwah dalam program televisi Muslim Travelers NET.

Wijaya, Muhammad Deni (2019) Pesan dakwah dalam program televisi Muslim Travelers NET. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini traveling sudah menjadi salah satu kebudayaan bagi masyarakat modern, traveling sudah seperti kebutuhan masyarakat untuk istirahat dari rutinitas. Melihat hal itu, stasiun televisi NET. menghadirkannya lewat program muslim travelers. Program ini menayangkan tentang Islam di berbagai belahan dunia, yang mana dalam setiap episodenya program muslim travelers menyisipkan pesan-pesan dakwah didalamnya. Mengingat bahwasanya televisi merupakan media masa, maka pesan dakwah dalam program muslim travelers pun sesuai dengan fungsi media, yaitu informatif, persuasif dan hiburan. Berdasarkan latar belakang diatas, tujuan penelitian ini adalah; mengetahui bagaimana pesan dakwah informatif, pesan dakwah persuasif, dan pesan dakwah hiburan pada program muslim travelers NET. Landasan teori yang digunakan ialah teori ekologi media yang dikemukan oleh McLuhan yang mana teori ini merupakan studi tentang bagaimana media dan proses komunikasinya mempengaruhi manusia dan menyatakan bahwa apapun yang digunakan manusia ialah media yang mana bisa memperbaiki persepsi dan pengalaman juga dapat menyatukan dunia. Juga diperkuat dengan fungsi media yang dikemukakan oleh Onong Uchana Effendy yaitu, to inform, to educate, to influence, to entertain. Adapun langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) menentukan objek penelitian yaitu program muslim travelers NET. yang ditayangkan tahun 2018 dengan mengambil tiga episode Korea Selatan, satu episode Spanyol dan satu episode Amerika Serikat 2) menentukan metode penelitian yaitu metode analisis isi kualitatif dengan pendekatan deskriptif 3) menentukan jenis dan sumber data, data primer data yang didapat langsung dari program muslim travelers NET. dan data sekunder yaitu data pendukung 4) menentukan teknik pengumpulan data yaitu, observasi dan studi dokumentasi 5) menganalisis data yang sudah didapatkan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan pesan dakwah pada program muslim travelers NET. sebanyak 31 pesan yang sesuai dengan kategori dalam penelitian ini. yaitu 15 pesan dakwah informatif, 13 pesan persuasif dan 3 pesan dakwah hiburan. Pesan dakwah informatif meliputi sejarah masuk dan berkembanganya Islam di Korea Selatan, Amerika dan Spanyol, pesan dakwah persuasif meliputi anjuran dan motivasi untuk menegakan syariat Islam, beribadah juga berdakwah dan terakhir pesan dakwah hiburan yaitu tayangan yang menampilkan pemandangan dan karya seni. Media sangat efektif menyampaikan pesan dakwah yang dikemas melalui audio visual sehingga mudah diterima oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Pesan Dakwah; Program Televisi
Subjects: Islam > Da'wah
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Deni Wijaya
Date Deposited: 08 Nov 2019 07:21
Last Modified: 08 Nov 2019 07:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26180

Actions (login required)

View Item View Item