Pelaksanaan bagi hasil produk simpanan berjangka dengan akad mudharabah di koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah BMT ItQan Padasuka Bandung

Firdaus, Dzikri Imam (2019) Pelaksanaan bagi hasil produk simpanan berjangka dengan akad mudharabah di koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah BMT ItQan Padasuka Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4. ABSTRAK.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy

Abstract

Landasan dasar bagi oprasional koperasi syariah BMT itQan Padasuka Bandung dalam produk simpanan berjangka adalah bagi hasil yang mengacu pada kaidah mudharabah. Dalam produk Simpanan berjangka menggunakan akad mudharabah mutlaqah, dalam aplikasinya terdapat equivalen rate yang menggunakan presentase dimana presentase equivalen rate tersebut tidak ada kedudukan hukumnya dalam teori akad mudharabah. Sedangkan teori mudharabah tidak tergantung pada equivalen rate, tetapi tergantung pada keuntungan BMT tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pertama, latar belakang KSPPS BMT itQan dalam menggunakan sistem equivalen rate pada produk sijaka. kedua, proses pelaksanaan produk sijaka di operasi Syari’ah BMT itQan padasuka bandung. ketiga, penggunaan equivalen rate pada produk sijaka menurut fatwa DSN dan PBI di Kkoperasi syriah BMT itQan padasuka bandung. Kerangka berfikir penelitian ini berdasarkan pada al-Quran dan al-Sunnah sebagai sumber hukum islam dan prinsip-prinsip muamalah mengenai hukum mudharabah yang tidak ada penentangan dalam kebolehannya. Pada intinya, deposito mudharabah diperuntukan untuk proses bagi hasil antara pihak BMT dan nasabah sesuai ketentuan akad mudharabah yang benar, apakah akad yang digunakan pada produk sijaka jika ditinjau oleh fatwa DSN dan Peraturan Bank Indonesia sesuai atau tidak?. Karena dalam teorinya akad mudharabah tidak tergantung pada equivalen rate tetapi tergantung pada keuntungan BMT tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah suatu pendekatan yang juga disebut pendekatan investigasi karena biasanya peneliti mengumpulkan data dengan cara bertatap muka langsung dan berinteraksi dengan orang-orang di tempat penelitian di koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah BMT itQan Padasuka Bandung. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, latar belakang penggunaan sistem equivalen rate pada produk simpanan berjangka, dikarenakan pihak BMT itQan tidak memberikan penjelasan mengenai kedudukan hukum equivalen rate dalam fatwa maupun PBI. kedua, proses pelaksanaan produk sijaka yaitu nasabah harus memenuhi prosedur pihak BMT dari mulai melengkapi syarat identitas diri, custumer service memberikan informasi mengenai produk teller menerima uang tabungan dari nasabah dan meneger menerima aplikasi dari teller serta menerima perlengkapan aplikasi simpanan berjangka. Dari segi proses pelaksanaan telah memenuhi rukun dan syarat. ketiga, penerapan bagi hasil dalam produk sijaka BMT itQan dengan akad mudharabah mutlaqah belum sepenuhnya sesuai dengan fatwa DSN MUI No:03/DSN-MUI/IV/2000 tentang deposito dan PBI khususnya dalam kedudukan hukumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Equivalen rate; bagi hasil produk simpanan; akad mudharabah;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: dzikri imam firdaus
Date Deposited: 24 Oct 2019 07:17
Last Modified: 24 Oct 2019 07:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26185

Actions (login required)

View Item View Item