Efektivitas Shalat Duha dalam peningkatan rasa percaya diri: Studi kasus pada siswa/i Kelas 8 di SMP Plus Al-Ghifari Bandung

Fajriyanti, Annisa (2019) Efektivitas Shalat Duha dalam peningkatan rasa percaya diri: Studi kasus pada siswa/i Kelas 8 di SMP Plus Al-Ghifari Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy

Abstract

Kepercayaan diri merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh setiap orang. Seseorang yang tidak memiliki kepercayaan diri akan cenderung menjadi orang yang kurang bersosialisasi atau kurang aktif di lingkungannya. Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap masalah yang dialami para remaja. Saat ini remaja menjadi pusat perhatian dikalangan masyarakat mengenai sikapnya. Banyak remaja yang mengalami pergaulan bebas hingga mengakibatkan emosi yang tidak stabil. Masalah itu akan mengganggu sikap dan mentalnya sehingga ia akan mengalami tekanan seperti rasa cemas, khawatir, labil, marah, dan tidak percaya diri. Salah satu perkembangan remaja ditandai dengan sikap tidak percaya diri. Pada siswa/i kelas VIII di SMP Al-Ghifari Bandung sudah menerapkan kepercayaan diri melalui pembiasaan shalat duha. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui shalat duha bisa meningkatkan kepercayaan diri di SMP Plus Al-Ghifari Bandung, (2) Untuk mengetahui program shalat duha di SMP Plus Al-Ghifari Bandung, dan (3) Untuk mengetahui dampak peningkatan kepercayaan diri siswa/i di SMP Plus Al-Ghifari Bandung setelah melaksanakan pembiasaan shalat duha. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian kualitatif ialah metode penelitian yang digunakan untuk melihat objek secara alamiah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus yang merupakan suatu cara dalam mengeksplorasi secara mendalam terhadap suatu program, kejadian, aktifitas terhadap satu atau lebih orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kualitatif berbentuk sebuah kata, bentuk, kalimat, skema, dan gambar. Berdasarkan wawancara dengan siswa/i kelas VIII SMP Plus Al-Ghifari Bandung. Efektivitas siswa/i saat sudah melakukan shalat duha ia lebih merasa tenang dalam hatinya, hal ini merupakan salah satu poin dimana mereka dapat melakukan sesuatu dengan tenang. Seperti ketika mereka berhadapan dengan teman-temannya disekolah mereka merasa nyaman dan akrab. Adapun ketika mereka berada dihadapan orang baru tidak segan untuk bersikap seperti biasa dan tidak malu-malu. Dan siswa/i sudah dapat mengoptimalkan potensi yang dimilikinya dengan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler disekolah yang sudah sediakan sebagai sarana siswa/i mengembangkan potensi dan kemampuannya. Metode program hikmah pagi yang dilakukan setiap satu minggu sekali, yaitu Tadarus Al-Qur’an, Shalat Duha, dan Ceramah. Hal tersebut dilaksanakan dengan bimbingan guru rohis secara bersamaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Shalat Duha; Kepercayaan Diri; SMP Plus AL-Ghifari Bandung;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Annisa Fajriyanti
Date Deposited: 30 Oct 2019 06:44
Last Modified: 30 Oct 2019 06:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26189

Actions (login required)

View Item View Item