Penerapan media ular tangga untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab : Penelitian tindakan kelas di Kelas III MIN 2 Kota Bandung

Widiawati, Wini (2019) Penerapan media ular tangga untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab : Penelitian tindakan kelas di Kelas III MIN 2 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Berdasarkan permasalahan yang terjadi di kelas III MIN 2 Kota Bandung pada Mata Pelajaran Bahasa Arab, peserta didik kurang memahami dan kurang dalam hafalan dan pelafalan mata pelajaran Bahasa arab dan hanya mengutamakan kemampuan membaca. Pembelajaran yang tidak berpusat kepada peserta didik menyebabkan siswa hanya duduk dan hanya memperhatikan saja, menulis, dan mendengarkan, serta nampak jenuh dalam proses pembelajarannya karena tidak ditunjang oleh media yang memadai. Adapun metode yang di terapkannya adalah metode ceramah tanya jawab saja. Beberapa hal tersebut menjadikan siswa memiliki hasil belajar yang rendah, yakni di bawah KKM yaitu 65. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui. (1). keterampilan berbicara sebelum menggunakan media Ular Tangga pada mata pelajaran Bahasa arab materi mufrodat (2). Penerapan media Ular Tangga pada mata pelajaran Bahasa Arab di kelas III MIN 2 Kota Bandung (3). Hasil keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Arab setelah menggunakan media Ular Tangga di kelas III MIN 2 Kota Bandung. Penelitian ini berdasarkan kerangka pemikiran bahwa media Ular Tangga merupakan media yang di dapat meningkatkan motoric siswa dan juga sebagai media menarik dan membuat siswa tidak bosan dalam prosses pembelajaran sehingga media ini mampu meningkatkan pelafalan dan hafalan dalam mata pelajaran Bahasa Arab materi mufrodat. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini di lakukan sebanyak lima kali pertemuan, yaitu, pra siklus, siklus I terdiri dari dua tindakan dan siklus II terdiri dari dua tindakan. Adapun objek penelitian terdiri dari 30 siswa di kelas III MIN 2 Kota Bandung, sedangkan instrument yang digunakan berupa lembar hasil hafalan dan pekafalan siwa, lembar observasi siswa dan lembar observasi guru pada setiap tindakan. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini adalah: (1). Hasil keterampilan berbicara siswa pra siklus memperoleh nilai rata-rata 49 dengan presentase ketuntasan 13,4%, (2). Penerapan media Ular Tangga pada siklus I memperoleh nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 65,4%dengan kriteria baik, sedangkan aktivitas siswa sebesar 71,2% dengan kriteria baik. Aktivitas guru pada siklus II di peroleh nilai rata-rata sebesar 100%, dengan kriteria sangat baik sedangkan aktivitas siswa 96% dengan kriteria sangat baik, (3). Hasil keterampilan berbicara setelah menggunakan media Ular Tangga pada siklus I 72,2 dengan presentase 60% atau jumlah siswa yang tuntas sebanyak 20 0rang, sedangkan pada siklus II di peroleh nilai rata-rata 73,3 dengan presentase 86,7% atau jumlah siswa yang tuntas sebanyak 26 orang siswa. ENGLISH : Based on the problems that occurred in class III MIN 2 Bandung in Arabic Language, that students did not understand and lack of memorization and pronunciation in Arabic, the student only prioritized in reading skills. Learning that is not centered on learners causes students only sit, write, and listen. That activity seems bored in the learning process because it is not supported by any media. The method that is applied is the lecture method, question and answer only. It makes the students have a low learning outcomes, namely under the KKM is 65. The purpose of this study is to find out. (1). speaking skills before using Snakes and Ladders media on Arabic Language in vocabulary ‘mufrodat’ (2). The Application of Snakes and Ladders media on the subjects of Arabic in class III MIN 2 Bandung (3)The results of speaking skills on Arabic subjects after using Snakes and Ladders media in class III MIN 2 Bandung. This study is based on the thought that Snakes and Ladders media is a media that can improve student motoric as well as attract media to get students not to feel bored in prosses of learning. So that the media is able to improve pronunciation and recitation in Arabic Language subject matter “mufrodat”. This research method uses classroom action research. This research was conducted in five meetings, namely, pre-cycle. In cycle I consisted of two actions and the second-cycle is consisted of two actions. The object of the study consisted of 30 students in class III MIN 2 Bandung, while the instrument used was in the form of memorized and recited students, student’s observation sheets and teacher’s observation sheets for each action. The results obtained from this study are: (1). The results of the pre-cycle speaking skills of students obtained an average score of 49 with a percentage of completeness of 13.4%,(2). The application of Snake Ladder media in the first cycle obtained an average score of teacher activity of 65.4% with good criteria, while student activities amounted to 71.2% with good criteria.The activity of teachers in the second cycle is obtained an average score of 100%, with the best criteria while the activity of students is 96% with very good criteria, (3).The results of speaking skills after using Snakes and Ladders media in cycle I 72.2 with a percentage of 60% or the number of students completed are 20 students, while in the second cycle obtained an average score of 73.3 with a percentage of 86.7% or the number of students who complete are 26 students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media ular tangga; Keterampilan berbicara ; Bahasa arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: wini widia
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:27
Last Modified: 28 Oct 2019 02:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26193

Actions (login required)

View Item View Item