Nurjamilah, Intan Permatasari (2019) Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) berbantu monopoli terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada Materi Sistem Pernapasan: Penelitian quasi-eksperiment pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (313kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian didasarkan pada permasalahan terkait pembelajaran IPA yang kurang menekankan pada kemampuan berpikir kreatif siswa, sehingga siswa kesulitan untuk mengasah kemampuan dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran. Guru harus mampu menciptakan inovasi baru dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT berbantu monopoli terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pernapasan. Metode yang digunakan adalah Quasi-Eksperiment, dengan desain control group pretest-posttest dan teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Sampel penelitian berasal dari kelas VIII-C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-D sebagai kelas eksperimrn yang masing-masing berjumlah 30 siswa dengan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif, lembar observasi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pernapasan diperoleh nilai N-Gain 0,61 dengan kategori sedang. Pengaruh model TGT berbantu monopoli terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dengan uji-t menunjukkan bahwa thitung (8,07) > ttabel (2,00), artinya tedapat pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian bahwa penggunaan model pembelajaran TGT berbantu monopoli dalam pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pernapasan manusia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teams Games Tournament (TGT); Monopoli; Kemampuan Berpikir Kreatif; Sistem Pernapasan |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Intan Permatasari Nurjamilah |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 07:55 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 07:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26203 |
Actions (login required)
View Item |