Anjani, Riska (2019) Peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui penggunaan software XMind pada pembelajaran gelombang bunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (259kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki peserta didik pada abad 21. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif peserta didik masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, hasil produk mind map, dan peningkatan keterampilan berpikir kreatif melalui penggunaan software XMind. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini berjumlah 35 peserta didik di kelas XI MIPA 1 SMA Karya Budi. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut: 1) keterlakasanaan proses pembelajaran aktivitas guru diperoleh persentase sebesar 83% berkategori sangat baik dan peserta didik 79% berkategori baik, 2) nilai hasil produk mind map peserta didik diperoleh skor rata-rata sebesar 75 dengan kategori tinggi, dan 3) perbedaan keterampilan berpikir kreatif peserta didik antara sebelum dan sesudah menggunakan software XMind pada pembelajaran gelombang bunyi ditunjukkan dengan nilai N-gain sebesar 0,84 yang termasuk dalam kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan software XMind dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Software XMind; Keterampilan Berpikir Kreatif; Gelombang Bunyi |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Riska Anjani |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 07:18 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 07:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26204 |
Actions (login required)
View Item |