Peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui penggunaan software XMind pada pembelajaran gelombang bunyi

Anjani, Riska (2019) Peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui penggunaan software XMind pada pembelajaran gelombang bunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki peserta didik pada abad 21. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif peserta didik masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, hasil produk mind map, dan peningkatan keterampilan berpikir kreatif melalui penggunaan software XMind. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini berjumlah 35 peserta didik di kelas XI MIPA 1 SMA Karya Budi. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut: 1) keterlakasanaan proses pembelajaran aktivitas guru diperoleh persentase sebesar 83% berkategori sangat baik dan peserta didik 79% berkategori baik, 2) nilai hasil produk mind map peserta didik diperoleh skor rata-rata sebesar 75 dengan kategori tinggi, dan 3) perbedaan keterampilan berpikir kreatif peserta didik antara sebelum dan sesudah menggunakan software XMind pada pembelajaran gelombang bunyi ditunjukkan dengan nilai N-gain sebesar 0,84 yang termasuk dalam kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan software XMind dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Software XMind; Keterampilan Berpikir Kreatif; Gelombang Bunyi
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Riska Anjani
Date Deposited: 25 Oct 2019 07:18
Last Modified: 25 Oct 2019 07:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26204

Actions (login required)

View Item View Item