Peran ganda wanita buruh pabrik terhadap peningkatan kesejahteraan keluarga: Penelitian di Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang

Lestari, Mia (2019) Peran ganda wanita buruh pabrik terhadap peningkatan kesejahteraan keluarga: Penelitian di Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi .pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena peran ganda wanita yang terjadi di desa cihanjuanh, kec. Cimanggung kab. Sumedang. Peran ganda yang dimaksud yaitu wanita yang harus menjalani dua peran sekaligus. Dimana mereka harus bekerja diluar rumah untuk mencari nafkah (publik) dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga (domestik). Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui alasan yang mendorong wanita di desa cihanjuang bekerja, untuk mengetahui bagaimana peran ganda wanita buruh pabrik di desa cihanjuang, serta untuk mengetahui dampak peran ganda wanita buruh pabrik terhadap peningkatan kesejahteraan keluarga. Teori yang digunakan yaitu fungsionalisme struktural yang dimulai dengan 4 skema atau fungsi penting untuk semua sistem tindakan, yaitu disebut dengan skema AGIL yaitu merupakan suatu fungsi yang di dalamnya mencakup kumpulan kegiatan yang ditunjukan kearah pemenuhan kebutuhan suatu sistem, serta prespektif gender yang menyatakan bahwa sifat yang melekat pada laki laki dan perempuan yang dikontruksikan secara sosial maupun kultural menjadi dasar untuk membedakan peran laki laki dan perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi u tuk selanjutnya dianalisis. Dengan metode ini dapat menggambarkan dan menjelaskan objrk yang di teliti, yaitu untuk mengetahui gambaran kehidupan wanita yang memiliki peran ganda. Setelah dilakukan penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) aladan mereka memutuskan mereka untuk bekerja beragam, namun alsan utamanya adalah perekonomian dan kringinan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. (2) peran ganfa yang mereka jalani yaitu bahwa mereka tidak lupa dengan kewajibannya sebagai ibu rumah tangga fimana mereka sebelum pergi bekerja harus mempersiapkan keperluan suami, anak serta urusan rumah tangga nya seoerti memasak, membersihkan rumah dan lain lain. Serta mereka harus bekerja sebagai buruh pabrik untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. (3) dengan para istri ikut bekerja mencari nafkah sangat membantu terhadap perekonomian keluarga serta meningkatkan keaejahteraan keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran ganda wanita; buruh pabrik; peningkatan kesejahteraan keluarga;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Mia Lestari adang
Date Deposited: 28 Oct 2019 03:26
Last Modified: 28 Oct 2019 03:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26246

Actions (login required)

View Item View Item