Karima, Amala Amelita (2019) Bimbingan Agama Islam dengan metode punishment menghafal ayat Al-Qur'an untuk mendisiplinkan siswa:Penelitian di SMKN 7 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (377kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
Abstract
Disiplin merupkan salah satu faktor penting dalam proses pendidikan, siswa yang disiplin akan mampu melalui proses pendidikannya dengan sukses. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena perilaku siswa yang melakukan pelanggaran-pelanggaran yang telah ditetapkan disekolah diantaranya membolos, datang ke sekolah terlambat, mencontek, berkelahi dengan teman. Upaya bimbingan agama Islam dilakukan oleh guru BK di SMKN 7 Bandung yaitu dengan menggunakan pendekatan punishment menghafal ayat al-qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui Latar Belakang Bimbingan Agama Islam untuk Mendisiplinkan Siswa (2) Mengetahui Pelaksanaan Bimbingan Agama Islam untuk Mendisiplinkan Siswa (3) Mengetahui Hasil Bimbingan Agama Islam untuk Mendisiplinkan Siswa. Penelitian ini menggunakan teori bahwa Bimbingan Agama Islam adalah proses pemberian bantuan kepada individu agar dalam kehidupan agamanya senantiasa selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah sehingga dapat mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Bahwa metode bimbingan agama Islam ada lima yaitu metode keteladanan (uswatun hasanah), metode pembiasaan (ibrah), metode nasehat (mauizatul hasanah), metode perhatian, metode hukuman dan hadiah (targhib wa tahzib). Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan agama Islam yang terdiri dari: yang di latar belakang oleh perilaku siswa yang melakukan pelanggaran pada peraturan disekolah dengan pelaksanaanya menggunakan metode punishment menghafal ayat al-qur’an berhasil meningkatkan kedisiplinan siswa sebanyak 92%. Dan mengalami peningkatan yang signifikan, hal ini dilihat dari tingkat keberhasilanya yang tinggi dibuktikan dari presentase yang telah didapat dari pengisian angket kepada siswa dengan kategori yang didapatkan sangat baik. Sehingga sangat efektif untuk keberhasilan dalam mendisiplinkan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Agama Islam; Metode Punishment; Menghafal Ayat Al-Qur’an; Mendisiplinkan Siswa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Amala Amelita Karima |
Date Deposited: | 06 Nov 2019 03:31 |
Last Modified: | 06 Nov 2019 03:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26284 |
Actions (login required)
View Item |