Bimbingan Agama Islam dengan metode punishment menghafal ayat Al-Qur'an untuk mendisiplinkan siswa:Penelitian di SMKN 7 Bandung

Karima, Amala Amelita (2019) Bimbingan Agama Islam dengan metode punishment menghafal ayat Al-Qur'an untuk mendisiplinkan siswa:Penelitian di SMKN 7 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy

Abstract

Disiplin merupkan salah satu faktor penting dalam proses pendidikan, siswa yang disiplin akan mampu melalui proses pendidikannya dengan sukses. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena perilaku siswa yang melakukan pelanggaran-pelanggaran yang telah ditetapkan disekolah diantaranya membolos, datang ke sekolah terlambat, mencontek, berkelahi dengan teman. Upaya bimbingan agama Islam dilakukan oleh guru BK di SMKN 7 Bandung yaitu dengan menggunakan pendekatan punishment menghafal ayat al-qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui Latar Belakang Bimbingan Agama Islam untuk Mendisiplinkan Siswa (2) Mengetahui Pelaksanaan Bimbingan Agama Islam untuk Mendisiplinkan Siswa (3) Mengetahui Hasil Bimbingan Agama Islam untuk Mendisiplinkan Siswa. Penelitian ini menggunakan teori bahwa Bimbingan Agama Islam adalah proses pemberian bantuan kepada individu agar dalam kehidupan agamanya senantiasa selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah sehingga dapat mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Bahwa metode bimbingan agama Islam ada lima yaitu metode keteladanan (uswatun hasanah), metode pembiasaan (ibrah), metode nasehat (mauizatul hasanah), metode perhatian, metode hukuman dan hadiah (targhib wa tahzib). Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan agama Islam yang terdiri dari: yang di latar belakang oleh perilaku siswa yang melakukan pelanggaran pada peraturan disekolah dengan pelaksanaanya menggunakan metode punishment menghafal ayat al-qur’an berhasil meningkatkan kedisiplinan siswa sebanyak 92%. Dan mengalami peningkatan yang signifikan, hal ini dilihat dari tingkat keberhasilanya yang tinggi dibuktikan dari presentase yang telah didapat dari pengisian angket kepada siswa dengan kategori yang didapatkan sangat baik. Sehingga sangat efektif untuk keberhasilan dalam mendisiplinkan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama Islam; Metode Punishment; Menghafal Ayat Al-Qur’an; Mendisiplinkan Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Amala Amelita Karima
Date Deposited: 06 Nov 2019 03:31
Last Modified: 06 Nov 2019 03:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26284

Actions (login required)

View Item View Item