Penerapan strategi belajar aktif learning tipe starts with a question untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak: Penelitian tindakan kelas di Kelas IV MI Miftahul Huda kota Cimahi

Maudia, Widya (2019) Penerapan strategi belajar aktif learning tipe starts with a question untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak: Penelitian tindakan kelas di Kelas IV MI Miftahul Huda kota Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrack.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelas IV MI Miftahul Huda Kota Cimahi, menunjukkan bahwa terdapat beberapa masalah dalam proses pembelajaran khususnya dalam mata pelajaran aqidah akhlak. Sesuai dengan fakta dilapangan dalam proses belajar mengajar guru cenderung menggunakan strategi belajar yang berpusat pada guru itu sendiri akibatnya aktivitas belajar siswa di dalam kelas kurang berperan, didalam melakukan pembelajaran siswa menjadi kurang aktif dan pasif, siswa sering mengobrol ketika berlangsungnya proses pembelajaran dan kurangnya guru dalam melibatkan siswa pada proses pembelajaran aqidah akhlak. Suasana pembelajaran tersebut menggambarkan aktivitas belajar siswa kurang maksimal dalam proses pembelajaran karena pembelajaran kurang mendukung untuk melakukan aktivitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran aktivitas belajar siswa sebelum dan setelah penerapan strategi belajar aktif tipe learning starts with a question, mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan strategi belajar aktif tipe learning starts with a question yang berasumsi pada kerangka pemikiran dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak karena dalam strategi ini siswa dituntut untuk aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan studi dokumentasi. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas IV MI Miftahul Huda dengan jumlah 26 orang, terdiri dari 16 laki-laki dan 10 perempuan. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata Persentase prasiklus, perolehan aktivitas mengajar guru 35%, aktivitas belajar siswa 28,4% sedangkan indikator aktivitas belajar siswa 23,9% ketiganya mendapatkan predikat kurang sekali hal ini menunjukkan tidak aktif. Rata-rata aktivitas mengajar guru siklus I 71,2% mendapat predikat cukup hal ini menunjukkan cukup aktif dan siklus II 88,75% mendapat predikat sangat baik hal ini menunjukkan sangat aktif. Rata-rata Persentase aktivitas belajar siswa siklus I 61,5% mendapatkan predikat cukup hal ini menunjukkan cukup aktif dan siklus II 83,8% mendapat predikat baik hal ini menunjukkan aktif,indikator aktivitas belajar siswa siklus I 61% mendapat predikat cukup hal ini menunjukkan cukup aktif dan siklus II 82,7% mendapat predikat baik hal ini menunjukkan aktif. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa strategi belajar aktif tipe learning starts with a question dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas IV MI Miftahul Huda Kota Cimahi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: strategi belajar aktif; starts with a question; aqidah akhlak;
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: widya maudia
Date Deposited: 29 Oct 2019 06:43
Last Modified: 29 Oct 2019 06:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26299

Actions (login required)

View Item View Item