Rahmatul K, Ima (2019) Pendekatan dakwah sufistik di kalangan musisi: studi kasus di Komunitas Musisi Mengaji Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (282kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
Abstract
Peranan dakwah pada saat ini lebih meningkat karena permasalahan yang terjadi di masyarakat semakin kompleks, masyarakat menuntut bahwa dakwah dapat memberi motivasi serta solusi dalam memecahkan permasalahan tersebut. Dakwah dengan pendekatan sufistik merupakan sebuah metode yang tepat dalam memecahkan suatu permasalahan yang terjadi di masyarakat, hal itu disebabkan dakwah sufistik dilandasi dengan cinta kasih serta kesadaran Ilahiyah. Komunitas Musisi Mengaji (KOMUJI) merupakan salah satu komunitas para musisi dan pecinta musik yang menyelenggarakan kajian dan event dengan bahasan sufistik, serta narasumber yang mereka pilih berlatar belakang pendidikan tasawuf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan dakwah sufistik di kalangan musisi yang tergabung dalam anggota Komunitas Musisi Mengaji (KOMUJI), dilihat dari tiga aspek yaitu proses dakwah sufistik, materi dakwah sufistik, serta hasil yang dicapai dalam dakwah sufistik di kalangan musisi yang tergabung dalam Komunitas Musisi Mengaji (KOMUJI). Pemilihan teori dalam penelitian ini didasarkan pada asumsi teori interaksionisme simbolik (self theory) yang dikemukakan oleh George Herbert Mead kemudian dimodifikasi oleh Herbert Blummer, serta beberapa teori lain yang berhubungan dengan pembahasan dakwah dengan pendekatan sufistik. Asumsi dasar dari teori ini adalah dakwah dengan lebih menekankan makna serta konsep diri. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan data primer melalui observasi dan wawancara wawancara kepada founder Komuji, anggota Komuji serta narasumber yang mengisi kajian dengan pembahasan sufistik serta data sekunder sebagai data tambahan data primer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan paradigma konstrutivis, yakni untuk mendapatkan hasil data yang detil serta pengaruh dakwah sufistik di kalangan musisi yang tergabung sebagai anggota Komunitas Musisi mengaji (KOMUJI). Berdasarka temuan ini dapat disimpulkan bahwa dakwah di kalangan musisi dengan menggunakan pendekatan sufistik dapat mempengaruhi konsep diri mad’u. Sebab dalam pendekatan dakwah sufistik ini lebih menekankan hal-hal yang dapat mempengaruhi kondisi batin mad’u. Interaksi dilakukan oleh da’i dan mad’u sehinga makna-makna sufistik yang disampaikan da’i dapat dengan mudah dipahami oleh mad’u dengan demikian secara perlahan berkembang membentuk konsep diri dari mad’u. Dengan demikian musisi yang tergabung dalam komuji mulai membuat karya dengan membuat musik dan menulis lirik religi serta bernuansa sufistik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dakwah Sufistik; Musisi; Konsep Diri |
Subjects: | Islam > Islam and Social Sciences Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ima Rahmatul K |
Date Deposited: | 02 Dec 2019 03:45 |
Last Modified: | 02 Dec 2019 03:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26301 |
Actions (login required)
View Item |