Tradisi Pembacaan Al-Qur’an Surat-Surat Pilihan: Kajian Living Quran di Pondok Pesantren Al-Muthohhar Plered, Purwakarta

Ulwiyah, Eva Ulfah (2019) Tradisi Pembacaan Al-Qur’an Surat-Surat Pilihan: Kajian Living Quran di Pondok Pesantren Al-Muthohhar Plered, Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy

Abstract

Alquran yang berupa kalam Allah merupakan kitab atau wahyu yang istimewa dan bacaan yang sempurna dibandingkan dengan wahyu yang lainnya. Dalam lintasan sejarah Islam, fenomena sosial terkait dengan membaca dan menulis ayat-ayat Alquran, serta potongan ayat-ayat Alquran yang kemudian dijadikan pengobatan, pada zaman modern ini fenomena tersebut dikenal dengan istilah “Living Quran”, yang berarti teks-teks Alquran yang hidup dalam masyarakat. Pembacaan surat-surat pilihan termasuk salah satu cara menghidupkan Alquran. Seperti di Pondok Pesantren Al-Muthohhar ini yang terus melestarikan Alquran dalam kegiatan rutin para santri. Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui bagaimana tradisi dan prosesi pembacaan surat-surat pilihan di Pondok Pesantren Al-Muthohhar. 2. Untuk mengetahui kaitan antara motivasi dengan fadhilah dan kandungan surat-surat pilihan di Pondok Pesantren Al-Muthohhar. Dalam Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan penelitian lapangan (Field reseach) dengan mengambil data dari (Pimpinan Pondok, para pengajar dan santri) sebagai objek penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Melalui empat teknik ini peneliti menganalisis data-data yang dibutuhkan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan etnografi realis yang menggambarkan unsur kebudayaan suatu masyarakat. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan peneliti, ditemukanlah: (1) Tujuan dari tradisi ini merujuk pada kaul ulama (2) sejarahnya sudah turun temurun dari pimpinan pengasuh Al-Muthohhar yang mengaplikasikan Alquran dalam kehidupan sehari-hari. (3) Motivasi memberikan pelajaran dalam kehidupan agar mempunyai sebuah pegangan yang tidak bisa terpengaruh dengan cara hidup yang semaunya dan menjadikan dampak positif, karena yang mereka rasakan adalah mendapatkan ketenangan hati dan kebersamaan menuju jalan yang Allah Swt Ridhoi dari surat-surat yang dibaca. Tradisi pembacaan surat-surat pilihan ini di awali dengan pembacaan al-Fatihah (tawasul) kepada ahli kubur. Kemudian dilanjutkan dengan membaca surat-surat pilihan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, dan diakhiri dengan do’a. Mengenai kaitan antara motivasi dengan fadhilah dan kandungan surat-surat pilihan yang dibaca yaitu mendekatkan diri kepada Allah, pembentukan kepribadian, pengharapan barakah kepada Allah Swt, memohon berkah dan keselamatan dan mempermudah rizki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tradisi;Surat-surat pilihan;etnografi
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Kumpulan Hadits Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Eva Ulfah Ulwiyah
Date Deposited: 08 Nov 2019 06:08
Last Modified: 08 Nov 2019 06:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26327

Actions (login required)

View Item View Item