Peran Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha dalam upaya meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam pada remaja: Studi kasus di lingkungan RW. 023 Desa Cileunyi Wetan Kabupaten Bandung

Setiawan, Fauzi Yasir Ma'ruf (2019) Peran Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha dalam upaya meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam pada remaja: Studi kasus di lingkungan RW. 023 Desa Cileunyi Wetan Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (790kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy

Abstract

Modernisasi dalam segala bidang yang ditandai dengan perkembangan teknologi yang canggih, semakin menantang peranan keberadaan pendidikan agama (yang mencakup tentang pendidikan iman dan taqwa serta akhlak mulia) sebagai penyelamat generasi penerus harapan agama, bangsa dan negara khususnya kaum remaja. karena pada lapisan remajalah kemerosotan akhlak itu lebih nyata terlihat. Kemerosotan akhlak di kalangan para remaja itu dikenal sebagai kenakalan remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Peran Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam pada remaja, (2) kegiatan Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam pada remaja, (3) Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Madrasah Diniyah Takmiliyah Wusha dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam pada remaja, (4) Hasil peningkatan kualitas pendidikan agama Islam pada remaja yang mengikuti Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa dengan adanya Madrasah Diniyah Wustha ini mampu meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam pada para remaja melalui kegiatan kurikuler yaitu memberikan tambahan materi keagamaan dan melalui kegiatan ekstrakulikuler yang memberikan usaha pembinaan dan pembentukkan kepribadian muslim yang beriman, bertakwa dan berakhlakul karimah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha diantaranya: Melahirkan generasi yang berakhlak mulia, Menambah wawasan pengetahuan agama Islam, Mengikis kemerosotan akhlak, MDT Wustha sebagai pengayaan mata pelajaran PAI di sekolah, Memperbaiki BTQ para remaja, Membantu menjaga tradisi keagamaan di tengah masyarakat. (2) Kegiatan Kurikuler dan Ekstrakulikuler yang ada berhasil meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam para remaja yang mengikuti MDT Wustha. (3) Faktor pendukung yang didapat diantaranya: Adanya dukungan masyarakat sekitar, adanya kerjasama dan motivasi mengajar para ustadz/ustadzah yang baik dan tersedianya dana. Sedangkan faktor penghambat diantaranya: latar belakang pendidikan ustadz/ustadzah yang berbeda, pengaruh perkembangan teknologi, waktu Kegiatan Belajar Mengajar yang terbatas. (4) Kemudian hasil yang telah dicapai dalam peningkatan kualitas pendidikan agama Islam pada remaja terlihat dari: Perkembangan keagamaan remaja sebelum dan sesudah mengikuti MDT Wustha serta Perbedaan remaja antara yang mengikuti MDT Wustha dengan yang tidak mengikuti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran; Madrasah; Pendidikan Agama Islam; Remaja;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fauzi Yasir
Date Deposited: 28 Oct 2019 06:28
Last Modified: 28 Oct 2019 06:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26343

Actions (login required)

View Item View Item