Penyelesaian masalah transportasi fuzzy menggunakan metode LOCFTP (Low Odd Cost Fuzzy Transportation Problem) dan MOCAM (Minimum Odd Cost Allocation Method)

Senjaya, Agi Dewinda (2019) Penyelesaian masalah transportasi fuzzy menggunakan metode LOCFTP (Low Odd Cost Fuzzy Transportation Problem) dan MOCAM (Minimum Odd Cost Allocation Method). Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas masalah transpotasi fuzzy seimbang, yang akan diselesaika dengan Metode LOCFTP (Low Odd Cost Fuzzy Transportation Problem) dan MOCAM (Minimu Odd Cost Alocation Method) untuk mendapat nilai biaya teriminmum. Sebelum menggunakan dua metode tersebut harus dilakukan pengubahan niai biaya yang dipakai dari kondisi fuzzy ke kondisi tegas. Langkah pengerjaan pertama membuat tabel transpotasi dari data yang akan digunakan, tentukakan pemilihan nilai alokasi (ganjil, genap, minmum, maksimum), jika ganjil atau genap pilih nilai terminimnya. Untuk LOCFTP ganjil maka pilih biaya ganjil teminimum dan kurangan ke semua nilai biaya ganjil, untuk genap maka pilih baiaya genap teminimum dan kurangan ke semua nilai biaya genap, untuk minimum pilih biaya terminmum, dan untuk maksimum pilih biaya termaksimum lalu kurangkan ke semua nilai biaya, lalu pilih sel biaya bernilai 0, lakukan alokasi. Pada MOCAM setelah melakakukan pemilihan biaya maka langsung alokasikan, tidak perlu mengurangkan ke ganjil atau genap atau nilai lainnya. Setelah mengaplikasikan metode LOCFTP dan MOCAM pada pemilihan nilai ganjil, genap, minimum, maksimum dan data biaya random campur, biaya sergam ganjil, dan seragam biaya genap pada objek penelitian kemudian dibandinkan hasilnya. Didapat pada data biaya random campur ternyata LOCFTP dan MOCAM minimum menghasilkan nlai terminimum, lalu LOCFTP ganjil, MOCAM ganjil, LOCFTP dan MOCAM genap, terakhir LOCFTP dan MOCAM maksimum. Pada data biaya seragam gnjil/genap terdapat LOCTP genap, LOCFTP minimum, MOCAM genap, dan MOCAM minimum menghasilkan nilai biaya paling minimum lalu LOCFTP ganjil, lalu MOCAM ganjil, terakhir LOCFP dan MOCAM maksimum menghasilkan biaya terbesar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Masalah Transportasi Fuzzy; Biaya Minimum; ganjil; genap; miimum; maksimum; Bilangan Fuzzy Trapesium Robust Ranking Method (RRT);
Subjects: Arithmetics > Arithmetic Operations
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Agi Senjaya
Date Deposited: 28 Oct 2019 07:39
Last Modified: 28 Oct 2019 07:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26353

Actions (login required)

View Item View Item