Pengaruh berbagai jenis dan dosis pupuk kandang terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman buncis tegak (Phaseolus vulgaris L.)

Kusmana, Acep (2019) Pengaruh berbagai jenis dan dosis pupuk kandang terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman buncis tegak (Phaseolus vulgaris L.). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

Tanaman buncis (Phaseolus vulgaris L.) merupakan salah satu sayuran yang sering dikonsumsi serta disukai oleh masyarakat, sehingga permintaan terhadap komoditas ini cukup besar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Berbagai Jenis dan Dosis Pupuk Kandang Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Buncis Tegak Var. Balitsa-2 (Phaseolus vulgaris L.) telah dilakukan di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat dari bulan April sampai dengan Mei 2019, menggunakan Rancangan Acak kelompok (RAK) pola faktorial dengan tiga kali ulangan yang terdiri atas dua faktor. Faktor pertama pupuk kandang yang terdiri atas 4 taraf: (k1) pupuk kandang sapi (k2) pupuk kandang domba (k3) pupuk kandang ayam (k4) pupuk kandang kelinci. Faktor kedua adalah dosis pupuk yang terdiri atas: (d1) dosis 10 t ha-1, (d2) dosis 20 t ha-1, (d3) dosis 30 t ha-1.Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi interaksi antara pemberian jenis pupuk kandang dan dosis pada parameter luas daun dan jumlah polong pertanaman. Pengaruh mandiri terdapat pada parameter tinggi tanaman (14, 21, 28 HST), berat segar tanaman, umur tanaman mulai berbunga dengan pemberian perlakuan pupuk kandang ayam (k3) dengan dosis 20 t ha-1 yang memberikan hasil terbaik. Sedangkan yang tidak terdapat interaksi maupun pengaruh mandiri terdapat pada parameter tinggi tanaman (35 HST), berat kering tanaman, Nisbah Pupus Akar (NPA), berat polong pertanaman, dan ukuran polong pertanaman. Aplikasi pupuk kandang sapi, domba, ayam dan kelinci pada dosis 10-30 t ha-1 belum mampu meningkatkan pertumbuhan serta hasil pada tanaman buncis tegak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pupuk kandang;dosis;buncis tegak;
Subjects: Specific Techniques of Agriculture > Fertilizers, Growth Regulator
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: acep kusmana
Date Deposited: 29 Oct 2019 07:26
Last Modified: 29 Oct 2019 07:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26368

Actions (login required)

View Item View Item