Peran tawakal dalam mengatasi kecemasan menghadapi fase pra kelahiran : Studi kasus dikalangan ibu-ibu hamil di desa cicantayan sukabumi

Nuraisyah, Siti (2019) Peran tawakal dalam mengatasi kecemasan menghadapi fase pra kelahiran : Studi kasus dikalangan ibu-ibu hamil di desa cicantayan sukabumi. Diploma thesis, UIN Suan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy

Abstract

Faktor yang menjadi angka kematian seorang ibu dan bayi diawali dari masa kehamilan. Masa kehamilan mengalami suatu perubahan drastis bukan hanya fisik tetapi juga psikologis hingga mengalami suatu kecemasan. Untuk menghindari suatu kecemasan maka kita harus mengingat Allah. ketika penghayatan religiusnya terus mengingat Allah, maka dapat mengatasi kecemasan disaat menghadapi proses persalinan. Dalam penelitian ini penulis menggambarkan bagaiman peran tawakal dalam mengatasi kecemasan menghadapi fase pra melahirkan di kalangan ibu hamil Desa Cicantayan Sukabumi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran tawakal ini terhadap ibu hamil fase pra melahirkan di Desa cicantayan Sukabumi. Dan untuk mengetahui bentuk kecemasan pada fase melahirkan di Desa Cicantayan Sukabumi berdasarkan pada peran tawakal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh langsung dari sumber yang berkaitan dengan penelitian. Dalam hal ini, informan terdiri dari bidan yang bertanggung jawab lansung di Posyandu Teratai Sukabumi dan empat orang responden. Peran tawakal di kalangan ibu hamil pada fase pra melahirkan di posyandu Teratai Desa Cicantayan berperan untuk mengatasi kecemasan pada mereka, hal tersebut dapat diketahui hal seperti ini 1) Memiliki ketenangan jiwa dalam menghadapi persalinan. 2) mereka senantiasan mensyukuri dan menerima segala ketentuan Allah dan 3) mereka melakukan berbagai upaya dan persiapan untuk menghadapi proses kelahiran, seperti membaca ayat suci Al-Quran, pergi keposyandu, periksa kandungannya ke bidan, makan-makanan yang sehat dan yang lainnya dan kemudian sepenuhnya di serahkan kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: tawakal
Subjects: Islam
Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: siti nuraisyah
Date Deposited: 30 Oct 2019 08:02
Last Modified: 30 Oct 2019 08:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26373

Actions (login required)

View Item View Item