Kepemimpinan Kepala Madrasah (Penelitian di Madrasah Aliyah Assalam Majalaya Kabupaten Bandung)

Hilda Faujiah, Hilda (1210201044) (2014) Kepemimpinan Kepala Madrasah (Penelitian di Madrasah Aliyah Assalam Majalaya Kabupaten Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari persoalan mutu Lembaga pendidikan Islam formal seperti Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah yang dipandang masih belum bermutu dibanding pendidikan formal yang lainnya. dalam hal ini madrasah seakan-akan serba mentah (tidak matang) baik dari segi pengetahuan, maupun penguasaan agama, Sehingga madrasah dianggap semacam sekolah nomor dua. Salah satu penyebab masih rendahnya mutu madrasah yaitu dipengaruhi oleh sebagian kepala madrasah yang belum mampu mengelola lembaga pendidikan dengan baik, sehingga menyebabkan mutu lembaga pendidikan tersebut kurang baik dan tidak mampu mengoptimalkan potensi sekolah dalam mengembangkan sumberdaya maupun sarana prasarana yang ada di madrasah, serta kepala madrasah yang kurang melibatkan guru dan orang tua siswa dalam pengambilan keputusan dan peran serta masyarakat,dan peran orang tua siswa terbatas pada dukungan dana saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan kepala madrasah di MA Assalam Majalaya dalam melaksanakan peran dan fungsi kepala madrasah, gaya dan tipe kepemimpinan kepala madrasah yang digunakan dalam menjalankan kepemimpinannya di MA Assalam Majalaya. Penelitian ini menggunakan Metode pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi guna untuk memperoleh data kualitatif. Penggunaan metode deskriptif dalam penelitian ini dengan tujuan untuk menggambarkan suatu kegiatan pelaksanaan kepemimpinan kepala madrasah yang terlebih dahulu menganalisis proses pelaksanaannya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan kepada kepala madrasah, dapat disimpulkan bahwa kepala madrasah di MA Assalam dalam menjalankan kepemimpinannya telah melaksanakan peran dan fungsinya sebagaimana mestinya dalam mengelola lembaga tersebut. Adapun gaya dan tipe kepemimpinan yang digunakan oleh kepala madrasah di MA Assalam yaitu kepemimpinan demokratis. Dari hasil kepemimpinan kepala madrasah, output MA Assalam mempunyai keterampilan dan diterima diperguruan tinggi negeri maupun swasta terkemuka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kepala Madrasah
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2017 07:26
Last Modified: 31 Jan 2017 09:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2640

Actions (login required)

View Item View Item