Hubungan antara Prestasi Belajar siswa pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Kepatuhannya terhadap Tata tertib : Penelitian di SMPN 2 Cimahi

Nursakinah, Salma (2019) Hubungan antara Prestasi Belajar siswa pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Kepatuhannya terhadap Tata tertib : Penelitian di SMPN 2 Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (855kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy

Abstract

Prestasi belajar banyak diartikan sebagai seberapa jauh hasil yang telah dicapai siswa dalam penguasaan tugas-tugas atau materi pelajaran yang diterima dalam jangka waktu tertentu (Darmadi, 2017). Prestasi belajar pada umumnya dinyatakan dalam angka atau huruf sehingga dapat dibandingkan dengan satu kriteria. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Cimahi (2) bagaimana kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah (3) bagaimana hubungan antara prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan kepatuhannya terhadap tata tertib sekolah. Tata tertib di buat bukan untuk menakuti siswa namun untuk melatih siswa agar konsekuen terhadap kegiatan sekolah dan bagaimana menggunakan atribut sekolah, bila seluruh aktivitas siswa berjalan dengan aturan yang ada, akan membawa keberhasilan yang tinggi dalam proses belajar mengajar. Salah satu cara mengatasi siswa dengan kendala kepatuhan terhadap tata tertib sekolah adalah kondisi prestasi siswa terutama dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berpengaruh bahwa bisa jadi siswa yang memiliki prestasi baik juga memiliki akhlak atau perilaku yang baik pula, selanjutnya kondisi sekolah, interaksi dengan guru, sesama siswa merupakan pekerjaan yang amat sulit bagi siswa bila tidak di arahkan oleh sekolah. Hipotesis dalam penelitian ini di rumuskan sebagai berikut : “ada pengaruh positif hubungan antara prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan kepatuhannya terhadap tata tertib SMPN 02 Cimahi”. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, dokumentasi dan observasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh data tertntang kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah, metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh nilai prestasi siswa dan metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentan situasi lingkungan dan kondisi sekolah. Data yang telah diperoleh lalu dianalisis dengan analisis statistik dengan rumus korelasi product moment. Terdapat korelasi atau hubungan positif yang signifikan antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan kepatuhan siswa terhadap tata tertib kelas VIII SMPN 2 Cimahi. Koefisien korelasi sebesar 0,79 angka tersebut berada pada harga koefisien korelasi 0,60 – 0,79 maka angka tersebut dapat dikategorikan bahwa korelasi koefisien dari antara kedua variable adalah kuat. Dari pengujian hipotesis di dapatkan thitung (7,4012) ≥ ttabel (2,03) maka H_0 ditolak, dan〖 H〗_1 diterima. Artinya terdapat korelasi antara variabel X dan variabel Y. Berdasarkan hasil tersebut, besarna hubungan Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Variabel X) terhadap Kepatuhan pada Tata Tertib (Variabel Y) dapat dihitung dengan mencari nilai koefisien determinasi. Adapun nilainya koefisien determinasi sebesar 62%. Artinya pengaruh atau kontribusi Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (Variabel X) terhadap Kepatuhan siswa terhadap Tata Tertib (Variabel Y) sebesar 62% dan sisanya sebesar 38% dipengaruhi oleh farktor lain, seperti halnya akhlak peserta didik, motivasi peserta didik, dan lingkungan peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam; Kepatuhan Siswa terhadap Tata Tertib;
Subjects: Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Salma Nursakinah
Date Deposited: 05 Nov 2019 04:04
Last Modified: 05 Nov 2019 04:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26403

Actions (login required)

View Item View Item