Pengaruh Return On Asset (ROA) dan Current Ratio (CR) terhadap Dividen Per Share (DPS) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT.United Tractors Tbk Periode 2008-2017

Fauzi, Irfan (2019) Pengaruh Return On Asset (ROA) dan Current Ratio (CR) terhadap Dividen Per Share (DPS) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT.United Tractors Tbk Periode 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan ekonomi Negara Indonesia saat ini menjadi lebih baik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dengan terus berjalannya dan berkembangnya transaksi jual beli di Indonesia menjadikan masyarakat lebih selektif dalam bertransaksi, salah satunya yaitu dengan berinvestasi di pasar modal. Investasi merupakan penempatan sejumlah dana dengan harapan memperoleh keuntungan di masa yang akan dating, investasi juga sangat mempengaruhi perkembangan ekonomi. Informasi laporan keuangan salah satu faktor yang di pertimbangkan oleh investor untuk mengetahui kemampuan suatu perusahaan dalam menghasilkan Return On Assets (ROA) dan Current Ratio (CR) dengan jumlah saham yang ada di perusahaan. Dalam hal ini, nilai saham dapat mereflek¬sikan investasi keuangan perusahaan dan kebijakan Dividen Per Share (DPS). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisa pengaruh Return On Assets (ROA) terhadap Dividen Per Share (DPS) pada PT United Tractors Tbk secara parsial, (2) menganalisa pengaruh Current Ratio (CR) terhadap Dividen Per Share (DPS) pada PT United Tractors Tbk secara parsial, (3) menganalisa pengaruh Return On Assets (ROA) dan Current Ratio (CR) terhadap Dividen Per Share (DPS) pada PT United Tractors Tbk secara simultan. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahunan 2008 – 2017. Tehnik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan kepustakaan. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 20.0 dan microsoft excel 2013 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan antara Return On Assets (ROA) terhadap Dividen Per Share (DPS) yang dibuktikan oleh hasil uji t dengan thitung < ttabel serta besar nilai koefisien determinasi sebesar 0,7 %. Pada variabel Current Ratio (CR) secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan antara Current Ratio (CR) terhadap Dividen Per Share (DPS) yang dibuktikan oleh hasil uji t dengan thitung < ttabel serta besar nilai koefisien determinasi sebesar 10,5% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian secara simultan diketahui bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, artinya tidak terdapat pengaruh signifikan antara Return On Asset (ROA) dan Current Ratio (CR) terhadap Dividen Per Share (DPS) secara simultan, dengan nilai koefisien determinasi 11%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Return On Assets (ROA); Current Ratio (CR); Dividen Per Share (DPS);
Subjects: Econmics
Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: irfan fauzi
Date Deposited: 29 Oct 2019 03:18
Last Modified: 29 Oct 2019 03:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26412

Actions (login required)

View Item View Item