Pengaruh jumlah pembiayaan jual-beli dan jumlah pembiayaan bagi hasil terhadap jumlah laba operasional pada PT. Bank Syariah Bukopin Periode 2016-2018

Dewi, Fitri Rahayu (2019) Pengaruh jumlah pembiayaan jual-beli dan jumlah pembiayaan bagi hasil terhadap jumlah laba operasional pada PT. Bank Syariah Bukopin Periode 2016-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy

Abstract

Pembiayaan merupakan salah satu kegiatan utama dan menjadi sumber pendapatan bagi bank syariah. Pembiayaan Jual-Beli yang terdiri dari pembiayaan murabahah, salam, istishna’ dan pembiayaan Bagi Hasil yang terdiri dari pembiayaan mudharabah dan musyarakah merupakan kegiatan utama bank syariah untuk memperoleh pendapatan dan meningkatkan laba. Ketika bank mengelola aktivanya dengan baik sehingga memperoleh pendapatan dari kegiatan operasional bank yaitu penyaluran dana maka akan turut serta meningkatkan laba operasional bank. Namun ada beberapa fenomena yang tidaak sejalan dengan pernyataan tersebut seperti yang terjadi di PT. Bank Syariah Bukopin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) jumlah pembiayaan Jual-Beli terhadap jumlah laba operasional secara parsial, (2) pengaruh jumlah pembiayaan Bagi Hasil terhadap jumlah laba operasional secara parsial, (3) pengaruh jumlah pembiayaan Jual-Beli dan jumlah pembiayaan Bagi Hasil terhadap jumlah laba operasional secara simultan pada PT. Bank Syariah Bukopin Periode 2016-2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan sumber data penelitian sekunder yakni data laporan keuangan triwulan PT. Bank Syariah Bukopin periode 2016 sampai dengan 2018 dalam www.banksyariahbukopin.com. Dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik, uji asosiatif dan uji komparatif. Untuk pengolahan data menggunakan program SPSS Statistics 20 dan Microsoft Excel 2010. Hasil analisis regresi menunjukkan bawa: (1) Jumlah Pembiayaan Jual-Beli secara parsial terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Jumlah Laba Operasional dengan hasil uji hipotesis thitung (2.698) > ttabel (2.228) maka Ha diterima. (2) Jumlah Pembiayaan Bagi Hasil secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Jumlah Laba Operasional dengan hasil uji hipotesis thitung (-2.390) < ttabel (2,228) maka H0 diterima. (3) Jumlah Pembiayaan Jual-Beli dan Jumlah Pembiayaan Bagi Hasil secara simultan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Jumlah Laba Operasional dengan hasil uji hipotesis fhitung (6.211) > ftabel (4,26) maka Ha diterima. Kemudian hasil perhitungan angka baku adalah Jumlah Pembiayaan Jual-Beli adalah 65.66 lebih kecil dibandingkan dengan nilai angka baku Jumlah Pembiayaan Bagi Hasil yaitu sebesar 174.048.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan; Pembiayaan Jual-Beli; Pembiayaan Bagi Hasil; Laba operasional;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Financial Economics, Finance > Banks
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Fitri Rahayu Dewi
Date Deposited: 29 Oct 2019 07:17
Last Modified: 29 Oct 2019 07:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26427

Actions (login required)

View Item View Item