Penerapan metode Outdoor Learning untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik : Penelitian tindakan kelas di MI At-Taqwa Rancaekek Kabupaten Bandung

Nurfajriah, Desi (2019) Penerapan metode Outdoor Learning untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik : Penelitian tindakan kelas di MI At-Taqwa Rancaekek Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2_Daftarisi.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi temuan pada pembelajaran Tematik bahwa siswa cenderung kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran tematik, hal ini disebabkan oleh guru yang kurang variatif dalam menggunakan metode pembelajaran. berhasil atau tidak nya suatu pembelajaran bergantung pada guru, bagaimana cara guru mengemas pembelajaran sehingga menjadi pembelajaran yang menarik minat belajar siswa untuk terus semangat dalam belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakanlah pembelajaran tematik dengan menggunakan metode Outdoor Learning di kelas V MI At-Taqwa Rancaekek Kabupaten Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan Metode Outdoor Learning yaitu : 1). Untuk mengetahui minat belajar siswa sebelum penerapan metode Outdoor Learning pada pembelajaran Temati 2). Untuk mendeskripsikan penerapan metode Outdoor Learning pada pembelajaran Tematik pada setiap siklus. 3). Untuk mengetahui minat belajar siswa sesudah menggunakan metode Outdoor Learning dalam pembelajaran Tematik pada setiap siklus. Landasan dari penelitian ini yaitu adanya pemikiran bahwa salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran yaitu dalam penerapan metode pembelajaran. Berdasarkan pemikiran tersebut maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini tentang penerapan metode Outdoor Learning diduga dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Tematik subtema 3 pengaruh kalor terhadap kehidupan kelas IV MI At-Taqwa Rancaekek Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan II siklus dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan lembar observasi dengan menggunakan analisis data deskriptif untuk data kualitatif dan menggunakan data statistika untuk data kuantitatif. Berdasarkan data dari hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan : 1) Berdasarkan data yang didapat dari angket sebelum menggunakan metode Outdoor Learning terlihat dari rata-rata nilai siswa yaitu 61 dengan persentase ketuntasan nilai 10%, 2) pada proses pembelajaran tematik setelah menggunakan metode Outdoor Learning pada siklus I yaitu 71%, sedangkan pada siklus II yaitu 94%. 3) minat belajar siswa setelah diterapkannya metode Outdoor Learning mengalami peningkatan pada hasil dari siklus I dari siswa yang berjumlah 40 orang (40%) terlaksana dalam indikator terdapat 14 siswa yang mengalami peningkatan sedangkan 24 siswa (60%). Kemudian pada siklus II data yang didapat semakin meningkat, terdapat 39 siswa (97%) yang mengalami ketuntasan dan 1 siswa (3%)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode Outdoor Learning; minat belajar; tematik;
Subjects: Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: desi Nurfajriah
Date Deposited: 30 Oct 2019 07:04
Last Modified: 30 Oct 2019 07:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26464

Actions (login required)

View Item View Item