Tradisi pembacaan surat waqi'ah : studi living quran di pondok pesantren al-musyahadah manisi cibiru bandung

Hanifah, Eva (2019) Tradisi pembacaan surat waqi'ah : studi living quran di pondok pesantren al-musyahadah manisi cibiru bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_dartarisi.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy

Abstract

Living Quran adalah sebuah tradisi yang sudah berjalan dalam jangka waktu tertentu. Living quran adalah alquran yang hidup di masyarakat. alquran sebagai wahyu Ilahi diterima oleh masyarakat dalam ragam respon dan pemaknaan sehingga membentuk satu tradisi yang beragam. Tradisi tersebut berkaitan dengan makna yang diberikan oleh masyarakat terhadap alquran dan bagaimana makna tersebut diaktualisasikan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode etnografi. Metode etnografi adalah metode penelitian kualitatif. Metode ini digunakan untuk meneliti perilaku-perilaku manusia yang berkaitan dengan perkembangan teknologi komunikasi dalam lingkup sosial budaya tertentu. Penulis menggunakan metode ini karena metode ini dianggap mampu menggali informasi secara mendalam dengan sumber-sumber yang luas. Penelitian living quran ini sangat penting untuk kepentingan dakwah dan pemberdayaan masyarakat, sehingga dengan living quran kita bisa mengetahui bagaimana masyarakat memperlakukan alquran dan mengapresiasi makna-makna yang terkandung dalam alquran. Pondok pesantren al-musyahadah adalah objek yang akan diteliti dari penelitian living qur’an ini. Pondok pesantren ini sudah lama membiasakan pembacaan surat waqi’ah. Tujuan penulis dalam melakukan penelitian ini ingin mencari alasan pondok ini membiasakan membaca surat waqi’ah dan penulis ingin mencari tahu apa dampak yang dirasakan bagi para santri yang sudah membiasakan membaca surat waqi’ah tersebut. Surat waqi’ah adalah surat yang menjelaskan hari Kiamat. Surat ini juga menjelaskan golongan-golongan manusia. Terdapat tiga golongan dalam surat ini, golongan pertama yaitu golongan orang-orang yang beriman terdahulu, golongan kedua yaitu golongan kanan, dan yang ketiga adalah golongan kiri. Dalam surat ini dijelaskan apa balasan bagi ketiga golongan tersebut. Sebagian ulama meyakini bahwa surat waqi’ah adalah surat pembuka rezeki. Bukan hanya rezeki dari segi materi. Namun, rezeki atas nikmat yang di dapat. Nikmat yang akan di dapat adalah berdasarkan ketiga golongan.. Dalam penelitian ini penulis mendapatkan jawaban dari Pondok Pesantren al-Musyahadah mengenai alasan dari pembiasaan pembacaan surat waqi’ah tersebut, selain ingin mendisiplinkan santri dalam membaca alquran, juga pondok ini menyakini pendapat para ulama yang bahwasanya surat adalah surat sebagai pembuka rezeki dan yang dirasakan oleh para santri bukan hanya rezeki dalam bentuk materi tetapi rezeki atas nikmat pun mereka merasakannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Living Quran; Surat Waqi’ah; Komunitas
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Asbabun Nuzul
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Eva Hanifah
Date Deposited: 30 Dec 2019 04:23
Last Modified: 30 Dec 2019 04:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26468

Actions (login required)

View Item View Item