Pemberdayaan masyarakat melalui program bank sampah Mekarmukti dalam membangun kesadaran lingkungan: Studi riset aksi di RW 28 Desa Mekar Rahayu Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung

Fauziah, Ginna Asy-Syifa (2019) Pemberdayaan masyarakat melalui program bank sampah Mekarmukti dalam membangun kesadaran lingkungan: Studi riset aksi di RW 28 Desa Mekar Rahayu Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy

Abstract

Kerusakan lingkungan banyak penyebabnya, salah satunya oleh perilaku manusia yang selalu membuang sampah sembarang. Sampah yang dibuang sembarang bisa menjadi bencana dan juga bisa menjadi peluang. Namun kali ini sampah menjadi peluang untuk pemberdayaan masyarakat dan sadar terhadap lingkungan melalui program Bank Sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Program Bank Sampah dalam membangun kesadaran lingkungan , 2)proses pemberdayaan masyarakat melalui program Bank Sampah , 3) Partisipasi masyarakat dalam membangun kesadaran lingkungan, 4) Hasil pemberdayaan masyarakat melalui program Bank Sampah. Penulis dalam penelitian ini menggunakan Teori Edi Suharto Pemberdayaan adalah sebuah proses dan tujuan. Sebagai proses, pemberdayaan adalah serangkaian kegiatan untuk memperkuat kekuasaan atau keberdayaan kelompok lemah dalam masyarakat, termasuk individuindividu yang mengalami masalah kemiskinan. Sebagai tujuan, maka pemberdayaan menunjuk pada keadaan atau hasil yang ingin dicapai oleh sebuah perubahan sosial. Penelitian ini menggunakan penelitian studi riset aksi, dengan lokasi penelitian di Bank Sampah Mekarmukti, RW 28 Desa Mekarrahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode transect (susur kampung), wawancara, Focus Group Discussion (FGD), Analisis Data dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa pemberdayaan masyarakat perlu sebuah proses dan tujuan yang mana sebuah proses itu yang dilakukan petugas Bank Sampah untuk mengubah paradigma maasyarakat agar sadar terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Bank Sampah, Kesadaran Lingkungan
Subjects: Social Groups
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ginna Asy-Syifa Fauziah
Date Deposited: 11 Nov 2019 08:03
Last Modified: 11 Nov 2019 08:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26469

Actions (login required)

View Item View Item