Sawalludin, Faizal Rizqi (2019) Kurikulum pendidikan Islam perspektif Syed Muhammad Naquib Al-Attas: Analisis filsafat Pendidikan Islam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTARISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BABI.pdf Download (228kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BABII.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BABIII.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BABIV.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTARPUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) | Request a copy |
Abstract
Para ulama dan pemikir terdahulu telah merumuskan sebuah pola berpikir modernisasi Islam, yang tentunya berimplikasi pada pendidikan Islam berserta kurikulumnya. Secara sosiologis wacana tersebut diterima dengan baik oleh beberpa lapisan masyarakat. Namun tidak sedikit, Lembaga pendidikan yang masih berkiblat pada pendidikan Barat, maupun Lembaga yang menggabungkan kurikulum Islam dan Barat. Hal tersebut tentunya berpengaruh pada sikap maupun cara pandang (worldview) seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan konsep dasar serta tujuan kurikulum pendidikan Islam perspektif Syed Muhammad Naquib Al-Attas; (2) menjelaskan komponen-kompenen yang terdapat dalam kurikulum (3) menjelaskan teori-teori pembentukan kurikulum (4) menjelaskan mengenai konsep kurikulum pendidikan Islam menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Pada penelitian ini, penulis menggali serta mengelaborasi konsep kurikulum yang dirumuskan oleh beberapa ahli kurikulum seperti Nana Syaodih Sukmadinata, maupun Nana Sudjana, kemudian pandangan Al-Attas mengenai Islamisasi Ilmu, epistemology Islam, serta konsep tadib dan tarbiyah dalam perspektif semantik, sebagai instrument filosofis dalam mengejawantahkan kurikulum pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian analisis teks. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) serta wawancara terstruktur selanjutnya menganalisis data dengan cara (a) memberikan deksripsi mengenai kurikulum (b) menyebutkan teori kurikulum yang digunakan para ahli (c) menyebutkan relevansi dengan konsep kurikulum Al-Attas berdasarkan instrument filosofisnya (d) menyimpulkan hasil analisis terhadap kurikulum yang dielaborasi dengan instrument filosofis Al-Attas Salah satu sumbangan Al-Attas terhadap pendidikan Islam kontemporer adalah uraiannya mengenai peranan bahasa yang secara intrinsic berhubungan dengan proses islamisasi. Penggunaan konsep dan istilah yang tepat akan sangat menentukan konsepsi Islam mengenai realitas dan kebenaran. Termasuk, dalam hal ini tentang instrumen filosofis dalam pengembangan pendidikan Islam. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konsep dasar serta tujuan kurikulum merupakan domain penting dalam merumuskan sebuah kurikum.. Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas ada beberpa instrument filosofis yang dapat digunakan sebagai dasar pijakan dalam merumuskan kurikulum pendidikan Islam (1) Kesadaran Pentingnya Memahami Epistemologi Islam (2) Semantik bahasa Arab; konsep ta’dib dalam pendidikan (3) dewesternisasi Ilmu (4) Islamisasi Ilmu
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum; Pendidikan Agama Islam; Syed Muhammad Naquib Al-Attas; |
Subjects: | Education > Philosophy and Theory of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Faizal Rizqi Sawalludin |
Date Deposited: | 30 Oct 2019 08:29 |
Last Modified: | 30 Oct 2019 08:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26480 |
Actions (login required)
View Item |