Pencapaian pemahaman matematis siswa tunarungu SMALB-B melalui pengembangan multimedia pembelajaran matematika :Penelitian dan Pengembangan pada Siswa Kelas XI di SMALB-B Cicendo Kota Bandung

Sri Rahayu, Dhea (2019) Pencapaian pemahaman matematis siswa tunarungu SMALB-B melalui pengembangan multimedia pembelajaran matematika :Penelitian dan Pengembangan pada Siswa Kelas XI di SMALB-B Cicendo Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMALB-B Cicendo Kota Bandung dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas XI. Penelitian ini bertujuan mengetahui pencapaian pemahaman matematis siswa tunarungu melalui pengembangan multimedia pembelajaran matematika. Dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari lima tahap pengembangan, yaitu 1) investigasi awal, 2) desain, 3) realisasi, 4) tes, evaluasi, revisi, dan 5) implementasi. Validasi dilakukan kepada validator ahli media, validator ahli materi, dan guru matematika. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh rata-rata penilaian sebesar 93,96% dengan kriteria sangat valid dari ahli media, 74,45% dengan kriteria valid dari ahli media, dan 84,99% dengan kriteria sangat valid dari guru matematika, yang mana berarti multimedia yang telah dikembangkan telah sangat valid, serta multimedia dirasa praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika. Sedangkan untuk pencapaian pemahaman matematis siswa tunarungu mencapai 76% yang mana tergolong “tinggi”, dengan kesulitan yang dialami siswa yakni dalam segi soal siswa belum terbiasa dengan soal pemahaman matematis yang sifatnya relasional seperti soal-soal yang mengaitkan antara dua konsep matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Matematis; Multimedia Pembelajaran; Siswa Tunarungu
Subjects: Special Computer Methods > Multimedia Systems
Education, Research
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Dhea Sri Rahayu
Date Deposited: 06 Nov 2019 04:37
Last Modified: 06 Nov 2019 04:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26526

Actions (login required)

View Item View Item