Hidayat, Zakiyah Lu'luatul Fuadie (2019) Penerapan metode Maqdis pada pembelajaran Tahsin Alquran: Studi di SMP Al-Amanah Cinunuk Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (861kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (765kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
Abstract
Alquran sebagai pedoman hidup kita, wajib kita baca, kita tadabburi dan kita amalkan. Dalam membaca Alquran, kita wajib membacanya dengan bacaan yang sebagus-bagusnya, baik itu dengan tajwidnya maupun juga dengan irama saat membacanya. Sebagaimana kita ketahui bahwa SMP Al-Amanah menerapkan pembelajaran tahsin Alquran dengan metode Maqdis sehingga mempermudah siswa-siswi dalam pembelajaran tahsin Alquran. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1). Pengertian metode maqdis, Proses Pembelajaran Tahsin Alquran dengan Menggunakan Metode Maqdis, (3). Hasil yang diperoleh dari Penerapan Metode Maqdis yang ada di SMP Al-Amanah Cinunuk Bandung. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis dekskriptif analitik, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. SMP Al-Amanah Cinunuk Bandung merupakan sekolah umum yang di dalamnya mempelajari tentang Alquran yang menggunakan metode Ma’had Alquran dan Dirosat Islamiah atau yang di kenal dengan metode Maqdis, metode tersebut mempunyai 7 jurus unik dan asyik yaitu Jurus membaca tanda-tanda panjang (mad), Jurus I “Di aayun aajah”, Jurus 2 “Lamaaaa-in aajah”, Jurus 3 “Lamaaaaaak-kan aajah”, Jurus 4 “Abaikan (dibuang) aajah”, Jurus 5 “Ditahann-naa lamma/Lamm-ma ditahann-naa”, Jurus 6 “Pantulkan aj-jah”, Jurus 7 “Fathah Buka a-a, Kasrah Tarik i-i. Dammah Maju u-u = aa-ii-uu”. Kemudian metode maqdis yang sudah diterapkan di SMP Al-Amanah Cinunuk Bandung berhasil di terima dengan baik oleh siswa-siswa khususnys kelas 7, karena materi yang mudah di fahami serta jurus-jurus unik dan asyik tersebut mereka dapat menerapkan dengan baik dan mudah ketika membaca Alquran. kemudian nada membaca Alquran mereka pun berubah menjadi nada khas maqdis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Metode Maqdis; Pembelajaran Tahsin Alquran |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir |
Depositing User: | Zakiyah Lu'luatul Fuadie Hidayat |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 03:11 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 03:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26558 |
Actions (login required)
View Item |