Rahmatuloh, Dian (2019) Penerapan model pembelajaran Real Engagement in Active Problem Solving (REAPS) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi momentum dan impuls. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (529kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (931kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik pada abad ke-21. Keterampilan pemecahan masalah dapat dilatih dengan menerapkan model pembelajaran Reap Engagement in Active Problem Solving (REAPS) dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan tahapan model pembelajaran REAPS dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran REAPS pada materi momentum dan impuls. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain pre-experimental dan tipe desain one group pretest posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas XI MIA 1 MAN 1 Kota Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar kerja peserta didik, dan tes keterampilan pemecahan masalah. Hasil analisis lembar observasi menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan aktivitas guru selama tiga pertemuan adalah 78% yang berada dalam kategori tinggi dan persentase keterlaksaan peserta didik sebesar 73% yang berada dalam kategori tinggi. Hasil analisis instrumen tes keterampilan pemecahan masalah menunjukkan bahwa nilai N-gain yang didapatkan adalah 0,67 yang berada dalam kategori sedang. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji t memperoleh nilai thitung sebesar 30,26 dan nilai t tabel adalah 2,04. Nilai thitung lebih besar dari ttabel yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran REAPS pada materi momentum dan impuls
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Real Engagement in Active Problem Solving (REAPS); keterampilan pemecahan masalah; momentum; impuls; |
Subjects: | Education Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Dian Rahmatuloh |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 07:32 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 07:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26559 |
Actions (login required)
View Item |