Rahmat, Erika Puspita (2019) Penerapan model pembelajaran collaborative problem solving untuk meningkatkan representasi matematis dan motivasi belajar siswa: Penelitian quasi eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 56 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (557kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarputaka.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen tentang peningkatan kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar siswa, melalui Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui: (a) Gambaran proses siswa dan guru yang menggunakan pembelajaran Collaborative Problem Solving, (b) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, (c) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Collaborative Problem Solving, (d) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan Collaborative Problem Solving lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, (e) Peningkatan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan Collaborative Problem Solving lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-A dan VIII-C SMP Negeri 56 Bandung. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data n-gain menggunakan uji-t independent diperoleh: (a) Persentase gambaran proses siswa dan guru berada di kategori sangat baik, (b) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berkategori sedang, (c) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Collaborative Problem Solving berkategori sedang, (d) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan Collaborative Problem Solving lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, (e) Peningkatan motivasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Collaborative Problem Solving tidak lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Representasi Matematis; Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving; Motivasi Belajar Siswa; |
Subjects: | Education, Research Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erika Puspita Rahmat |
Date Deposited: | 03 Jan 2020 02:58 |
Last Modified: | 03 Jan 2020 02:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26593 |
Actions (login required)
View Item |