Pengaruh pendapatan bagi hasil mudharabah dan pendapatan bagi hasil musyarakah terhadap return on asset (ROA) pada PT. Bank Syari’ah Mandiri

Gumilar, Deas Rizki (2016) Pengaruh pendapatan bagi hasil mudharabah dan pendapatan bagi hasil musyarakah terhadap return on asset (ROA) pada PT. Bank Syari’ah Mandiri. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (800kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pemikiran bahwa Pendapatan bagi hasil Mudharabah dan Pendapatan bagi hasil Musyarakah berpengaruh terhadap Return on Asset (ROA), pada Bank Syari’ah Mandiri, Tbk. Hal tersebut semakin diperkuat dengan melihat data rasio keuangan Bank Syari’ah Mandiri yang selalu fluktuatif diantara Pendapatan bagi hasil Mudharabah dan Pendapatan bagi hasil Musyarakah yang diikuti berubahnya nilai Return on Asset (ROA). Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian atas seberapa besar pengaruh Pendapatan bagi hasil Mudharabah dan Pendapatan bagi hasil Musyarakah berpengaruh terhadap Return on Asset (ROA) pada Bank Syari’ah Mandiri, Tbk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh Pendapatan bagi hasil Mudharabah secara parsial terhadap Return on Asset (ROA), Pendapatan bagi hasil Musyarakah secara parsial terhadap Return on Asset (ROA) dan pengaruh Pendapatan bagi hasil Mudharabah dan Pendapatan bagi hasil Musyarakah berpengaruh secara simultan terhadap Return on Asset (ROA). Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Tahunan Bank Syari’ah Mandiri periode 2010 sampai 2014. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi, korelasi, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendapatan bagi hasil Mudharabah secara parsial berpengaruh sebesar 0,4% terhadap Return on Asset (ROA). Sedangkan Pendapatan bagi hasil Musyarakah secara parsial berpengaruh sebesar 33,06% terhadap Return on Asset (ROA). Jika mengacu kepada tingkat koefisien determinasi atau besarnya kontribusi apabila ditentukan dengan nilai tingkat signifikannya sebesar 5%. Maka hasilnya menunjukan bahwa Pendapatan bagi hasil Mudharabah dan Pendapatan bagi hasil Musyarakah berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset (ROA) dengan tingkat signifikan sebesar 0,801 atau 80,1% sedangkan sisanya sebesar 19,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari SPSS, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier berganda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan bagi hasil Mudharabah; Pendapatan bagi hasil Musyarakah; Return on Asset (ROA);
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 03 Jan 2020 02:57
Last Modified: 03 Jan 2020 02:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26605

Actions (login required)

View Item View Item